Analisis Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Lingkungan Eksternal Dan Internal Dalam Menghadapi Kompetitor Di Masa Pandemi Covid 19 Pada Franchise Foresthree Coffe Jambi

Authors

  • Ayu Feranika Universitas Dinamika Bangsa
  • Novia Ramadhani Universitas Dinamika Bangsa
  • Meisa Sulastri Universitas Dinamika Bangsa
  • Mulia Putri Ramadani Universitas Dinamika Bangsa
  • Siti Komalasari Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.55784/jueb.v1i3.214

Keywords:

Strategi pemasaran, Matriks IFE, Matriks EFE, Analisis SWOT

Abstract

Penelitian ini bertujuan memformulasikan alternatif strategi pemasaran yang tepat melalui analisis pendekatan faktor internal dan faktor eksternal sebagai upaya untuk menghadapi kompetitor Franchise Foresthree Coffe Jambi. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu Accidental Sampling, sehingga total sampel diperoleh sebanyak 30 responden yang terdiri 3 dari internal yaitu pihak pengelola Foresthree Coffe dan 27 dari eksernal yaitu konsumen. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis SWOT melalui pendekatan faktor internal dan eksternal dengan perhitungan analisis tabel matriks IFE dan EFE. Hasil faktor internal IFE dan faktor eksternal EFE, diperoleh nilai Strength sebesar 2,12 dan Weaknesess sebesar 1,12 sedangkan nilai Opportunities sebesar 1,68 dan  Threat sebesar 1,26. Berdasarkan hasil perhitungan diagram kuadran analisis menggunakan pendekatan IFE dan EFE dapat disimpulkan bahwa sumbu x, y terdapat pada titik Kuadran I, sehingga strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth oriented strategy).

References

Angela dan Lia. N. (2021). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Pada Cafe Rvang Di Ketintang Surabaya. Jurnal Revolusi Indonesia. ISSN : 2774-5996. Vol. 1 No. 8.

Annisa dan Shinta. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen. Vol. 17 No. 2.

David. (2011). Manajemen Strategi : Konsep. Salemba Empat, Jakarta.

Dori dan M Aufan. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Cafe Dapoer Enha Sago Kabupaten Pesisir Selatan Menggunakan Matrix SWOT dan QSPM. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, ISSN : 716-3768. Vol. 1 Issue. 1.

Gozali. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Noor, Julainsyah. (2014). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nurinaya dan Alyah. (2018). Analisis SWOT Dalam Meningkatkan Daya Saing Pada PT. Tri Mega Syariah Kantor Cabang Makasar. Jurnal Economix Volume 6 Nomor 2.

Rangkuti. (2014). Analisis SWOT Tehnik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Siti. K dan Yuliana P.K. (2021). Strategi Pemasaran Kahve Café di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Media Instagram. Jurnal Kajian Pariwisata. Vol. 3 No. 2. E-ISSN: 2686-2522.

Sugiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfa Beta

Downloads

Published

2022-09-01