Analisis Pengaruh Harga, Citra Merk, dan Promosi Terhadap Keputusan Membeli Produk Online di Marketplace Shopee (Konsumen Shopee Sekaresidenan Pekalongan)

Authors

  • Muhamad Andi Budiyanto Universitas Pancasakti Tegal
  • Faiz Irsyad Prasetyo Universitas Pancasakti Tegal
  • Tri Bintang Pamungkas Universitas Pancasakti Tegal

DOI:

https://doi.org/10.55784/jueb.v1i3.260

Keywords:

Harga, Citra merek, Promosi, Keputusan pembelian

Abstract

Marketplace Shopee manjadi Unicron yang mengubah perilaku konsumen dalam hal ber­be­lan­ja, yaitu dengan cara berbelanja online sehingga toko online harus bisa memanfaatkan peluang dalam hal ini bagaimana memperkenalkan produk sampai dengan memiliki suatu citra sehingga tum­buh positioning produk, tentunya banyak hal yang bisa dilakukan oleh toko online yaitu dengan meng­gunakan platform promosi dan harga yang kompetitif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian produk di marketplace Shopeee di sekarisidenan Pekalongan yang meliputi daerah, Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, Kota Tegal, Kabupaten Pemalang dan Pekalongan. Analisis dampak citra merek terhadap keputusan pembelian produk di marketplace Shopeee di sekarisidenan Pekalongan. Untuk menganalisis pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian produk di marketplace Shopeee di sekarisidenan Pekalongan. Untuk menganalisis pengaruh harga, citra merek dan promosi terhadap keputusan pembelian produk di marketplace Shopeee di sekarisidenan Pekalongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui penggunaan kuesioner (kuesioner). Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji F, dan koefisien determinasi yang me­nun­juk­kan bahwa secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Pada Marketplace Shopee. Pada saat yang sama mempengaruhi harga variabel citra merek, iklan mempengaruhi keputusan produk di marketplace Shopeee di sekarisidenan Pekalongan.

References

Bawono, A. (2018). Pengaruh Perilaku konsumen, Brand Image, Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Online pada situs belanja online (Studi kasus pada situs belanja Online XYZ). Jurnal pengabdian dan kewirausahaan, Vol 2, No.2.

E-culture. (2021) https://e-culture.id/2021/06/06/e-commerce-hijau-jadi-yang-paling-populer-tahun-2021/

Harmani. (2008). Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Keputusan Konsumen BerbelanjaDi Pasar Turi Baru Surabaya. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Sosial (JEB's), Vol 8, No2.

Istiyanto, B. dan Nugroho, L. (2017). “Analisis P `engaruh Brand Image, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil (Studi Kasus Mobil LCGC di Surakarta),” Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 12(1):1–8

Priyatno, D. (2014). SPSS 22 Pengolahan Data Terpraktis.Yogyakarta: CV Andi Offset.

Riyono, dan Budiharja, E. G. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua di Kota Pati. Jurnal STIE Semarang Vol. 8 No.2 Edisi Juni 2016

Santoso, S. (2010). Mastering SPSS 18. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Santoso, S. (2012). Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&B. Bandung: Aflabeta.

Susanto. (2004). Value Marketing. Paradigma Baru Pemasaran. Quantum Bisnis dan Manajemen. Jakarta.

Tjandrawina, R.R. (2016). Industri 4.0: Revolusi industri abad ini dan pengaruhnya pada bidang kesehatan dan bioteknologi. Jurnal Medicinus, Vol 29, Nomor 1, Edisi April.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2015). Pelanggan Puas? Tak Cukup! Plus: contoh spesifik riset kepuasan dan ketidak puasan pelanggan, strategi mewujudkan kepuasan pelanggan. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Yuvita, H., Wahab, Z., & Sulastri, (2019) “Pengaruh Brand Image Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Equity (Survei Terhadap Nasabah Bank BRISyariah di Kota Palembang)”, MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen,Vol.9,No.3, Oktober (2019).

Downloads

Published

2022-09-02