Pengaruh Tingkat Kesejahteraan Anggota Terhadap Keberhasilan Koperasi Pada Koperasi Bina Usaha Kecamatan Raba Kota Bima

Authors

  • Arsad Arsad STKIP Bima
  • Mukhlis Mukhlis STKIP Bima

DOI:

https://doi.org/10.55784/jueb.v1i1.59

Keywords:

Tingkat kesejahteraaan, Keberhasilan koperasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Tingkat Kesejahteraan Anggota Terhadap Keberhasilan Koperasi pada Koperasi Bina Usaha Kecamatan Raba Kota Bima. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif yaitu mencari pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Adapun variabel bebas adalah Pengaruh Tingkat Kesejahtaraan Anggota  (X) dan variabel terikat adalah. Keberhasilan Koperasi (Y).Instrumen penelitian menggunakan kuisioner dengan skala likert. Jumlah populasi 103 orang, dan sample sebanyak 38 orang anggota. Teknik penentuan sampel adalah simple random sampling (setiap populasi memiliki peluang yang sama untuk menjadi sampel). Hasil penelitian, menunjukan bahwa terdapat  pengaruh yang signifikan antara interaksi tingkat kesejahteraan anggota dengan keberhasilan koperasi Pada Koperasi Bina Usaha Kecamatan Raba Kota Bima, karena nilai thitung>ttabel (5,606>2,402).

References

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.

Koro, L., & Ma, S. H. G. (2018). Pengaruh Partisipasi Anggota Terhadap Keberhasilan Koperasi Tuke Jung. EKSPEKTASI: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 61-73.

N. Gregory Mankiw, Alaih Bahasa, Haris Munandar, (2000), Pengantar Ekonomi, Edisi Kedua, Jilid 2, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Sugiyono, (2012), Metode Penelitian Administrasi, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Yuswanto, W. (2018). Pengaruh Partisipasi Anggota Terhadap Keberhasilan Koperasi Serba Usaha (Ksu) Kharisma Desa Loyang Kecamatan Cikedung Kabupaten Indramay. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(5), 113-121.

Downloads

Published

2022-03-20