Analisis Penerapan Big Data Pada E-Commerce Shopee

Authors

  • Maulana Fathurrahman Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Irwan Padli Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.57218/jueb.v2i3.750

Keywords:

Big data, E-commerce, Shopee

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Penerapan Big Data Pada E-Commerce Shopee. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang difokuskan pada pemahaman fenomena-fenomena sosial dari perspektif partisipan dengan lebih menitik beratkan pada gambaran yang lebih lengkap daripada merinci menjadi angka atau variabel. Data-data yang ada pada penelitian ini didapat dari sumber-sumber literatur yang ada, baik itu dari jurnal, buku, maupun artikel-artikel. Kemudian merangkumnya menjadi sebuah literatur baru yang dapat menjadi pedoman bagi pembaca. Hasil penelitian yang peneliti dapatkan menunjukan bahwa E-Commerce Shopee telah memperdalam penggunaan AI dan Big Data mereka untuk mengatur perjalanan belanja yang lebih personal bagi penggunanya. Kemudian E-Commerce Shopee juga sudah menerapkan kelima karakteristik dalam Big Data yaitu, volume (banyaknya data), velocity (kecepatan data), variety (jenis data yang beragam), veracity (keakuratan data), dan value (nilai kegunaan data).

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Arif, Alifah Amalia. (2020). Karakteristik Big Data. Binus University School Of Information Systems. https://sis.binus.ac.id/2020/09/28/karakateristik-big-data/ (Diakses pada 14 Juli 2023 Pukul 14.03)

Ashari, M. (2015). Big Data Industry and Academic Point of View. Konferensi Big Data Indonesia.

Galuh, Fathir. (2020). ”Big Data ‘Shopee’”. https://medium.com/@fathir.galuh05/big-data-shopee-e11857ae76a3 (Diakses pada 14 Juli 2023 Pukul 14.18).

Muhammad Wali, S. T., Efitra, S., Kom, M., Sudipa, I. G. I., Kom, S., Heryani, A., ... & Sepriano, M. (2023). Penerapan & Implementasi Big Data di Berbagai Sektor (Pembangunan Berkelanjutan Era Industri 4.0 dan Society 5.0). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Triwijanarko, Ramadhan. (2020). “CEO Shopee: Belanja Online Akan Makin Personal dan Sosial”. https://www.marketeers.com/ceo-shopee-belanja-online-akan-makin-personal-dan-sosial/. (Diakses pada 14 Juli 2023 Pukul 14.11).

Downloads

Published

2023-09-01