Pengaruh Budaya Organisasi Dan Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Pegadaian (Persero) CP Dompu

Authors

  • Ulfasari Indriani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima
  • Amirulmukminin Amirulmukminin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima
  • Muhammad Badar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima

DOI:

https://doi.org/10.57218/jueb.v2i3.808

Keywords:

Budaya organisasi, Kinerja karyawan, Pelatihan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh budaya organisasi dan pelatihan kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Dompu. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Sampel sebanyak 38 orang dipilih melalui teknik purposive sampling dari populasi karyawan yang berjumlah 38 orang. Instrumen penelitian berupa kuesioner dan diuji validitas serta reliabilitasnya. Analisis data dilakukan dengan menguji asumsi klasik, regresi linear berganda dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk hipotesis pertama (H1) yang menyatakan pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan, nilai sig. sebesar 0,918, dengan nilai t hitung 0,014 < t tabel 1,685. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel budaya organisasi terhadap kinerja karyawan. Dengan demikian, H1 ditolak. Untuk hipotesis kedua (H2) yang menyatakan pengaruh pelatihan kerja terhadap kinerja karyawan, nilai sig. sebesar 0,52, dengan nilai t hitung 0,644 < t tabel 1,685. Ini mengindikasikan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel pelatihan kerja terhadap kinerja karyawan. Oleh karena itu, H2 juga ditolak. Selanjutnya, pengujian secara simultan untuk hipotesis ketiga (H3) menunjukkan bahwa nilai sig. untuk pengaruh budaya organisasi dan pelatihan kerja terhadap kinerja karyawan secara bersama-sama sebesar 0,804, dengan nilai F hitung 0,220 < F tabel 3,24. Dengan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh simultan yang signifikan dari kedua variabel tersebut terhadap kinerja karyawan. Oleh karena itu, H3 juga ditolak. Penelitian ini mengindikasikan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan dari budaya organisasi dan pelatihan kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Dompu berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan.

References

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendektan Praktik. Rineka Cipta.

Azwar, S. (2016). Metode Penelitian. Pustaka Belajar.

Edison, E., Anwar, Y., & Komariyah, I. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Cetakan-1). Alfabeta.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). In Cetakan Ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro (Cetakan Ke, Vol. 96). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Idham, M. A., & Luterlean, B. S. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Direktorat Sumber Daya Manusia Pt Pos Indonesia Bandung. 7(2), 6710–6715.

Karima, A. P. (N.D.). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Pos Indonesia (Persero) Malang.

Kurniatama, R. P., & Waryanto, H. (2022). Pengaruh Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Surya Pratama Service Di Jakarta 1rizki. 2(April).

Malini, H. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt Pos Indonesia ( Persero ) Kantor Pos Baturaja 32100. 5(1), 20–35.

Purnama, H., Safitri, M., & Junizar, D. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai PT . Pos Indonesia ( Persero ) Bandar Lampung. September, 77–83.

Putri, L. P., & Irawanto, D. W. (N.D.). Pengaruh Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan ( Studi Pada Karyawan PDAM Kota Malang ).

Rismawaty, R. (2010). Pengaruh Karakteristik Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pt . Pos Indonesia ( Persero ) Kantor Pos.

Rokhman, W., & Fatihin, A. (2014). Pengaruh Pelatihan Dan Budaya Organisasi Terhadap Efektifitas Kinerja Karyawan. 2, 126–139.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Tampubolon, E., Purba, V. N. T., & Anggraini, N. (2015). Terhadap Kinerja Karyawan Di Kantor Wilayah Iv Pt Pos Indonesia ( Persero ) Jakarta Pusat. 19(3), 42–59.

Downloads

Published

2023-09-01