Hubungan Kepatuhan Ibu Hamil dalam Mengkonsumsi Tablet Fe Dengan Kejadian Anemia Di Wilayah Kerja Puskesmas Woha

Penulis

  • Nur Fitriyah STIKES Yahya Bima
  • Erlina Fauzia STIKES Yahya Bima
  • Nurlaila Fitriani STIKES Yahya Bima

DOI:

https://doi.org/10.55784/jkj.Vol1.Iss1.217

Kata Kunci:

Ibu hamil, Tablet Fe, Anemia

Abstrak

Anemia saat kehamilan berdampak buruk pada ibu dan janin. Dalam keadaan hamil, suplai zat besi dari makanan masih belum mencukupi sehingga dibutuhkan suplemen berupa tablet tambah darah/Fe. Program pemerintah untuk mencegah anemia pada ibu hamil adalah dengan memberikan tablet Fe 90 tablet selama kehamilan. Tujuan penelitian diketahuinya hubungan kepatuhan ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet Fe dengan kejadian anemia diwilayah kerja puskesmas woha 2019. Metode penelitian adalah observasional analitik dengan pendekatan cross secsional study. Populasi penelitian adalah semua ibu hamil yang melakukan pemeriksaan diwilayah kerja puskesmas woha. Pengambilan sample dengan tekhnik acidental sampling. Instrumen yang digunakan lembar observasi dan haemometer. Data analisa menggunakan uji chi square dengan derajat kemaknaan (α = 0,00%) = <0,05%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa ada hubungan yang signifikan  antara kepatuhan ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet fe dengan kejadian anemia dimana nilai p = 0,00 (<0,05). Sebagian besar ibu hamil patuh dalam mengkonsumsi tablet fe dengan jumlah responden sebanyak 38 responden (76.0%) dan yang tidak anemia sebanyak 30 responden (60.0%). Berdasarkan hasil penelitian terdapat adanya hubungan antara kepatuhan ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet fe dengan kejadia anemia.

Referensi

Fatimah, S. T. (2011). Pola konsumsi ibu hamil dan hubungannya dengan kejadian anemia defisiensi besi. J. Sains & Teknologi, 7(3), 137-152.

Notoadmojo, S. (2010). Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta..

Puji, A., & Esse, S. (2010). S., Nadimin, Fadliyah, F.(2010). Hubungan Pengetahuan Ibu dan Pola Konsumsi dengan Kejadian Anemia Gizipada Ibu Hamil di Puskesmas Kassi-Kassi. Jurnal Media Gizi Pangan, 10..

Yeyeh, R. A., & Lia, Y. (2010). Asuhan neonatus bayi dan anak balita. Jakarta: TIM.

Rahmawati, F., & Subagio, H. W. (2012). Kepatuhan konsumsi tablet besi folat pada ibu hamil dan faktor yang mempengaruhi (Doctoral dissertation, Diponegoro University)..

Sudaryanti, (2010). Gizi Untuk Kesehatan Ibu Dan Anak. Graha ilmu. Yogyakarta.

WHO. (2014). Meternal: Mortality World Health Organization.

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-14