Hubungan Antara Status Gizi Dengan Kejadian Pneumonia Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Woha

Penulis

  • Nurul Jannah STIKES Yahya Bima
  • Sri Yuliana STIKES Yahya Bima

DOI:

https://doi.org/10.55784/jkj.Vol1.Iss1.220

Kata Kunci:

Balita, Status gizi, Kejadian pneumonia

Abstrak

Pneumonia adalah infeksi jaringan paru-paru yang bersifat akut penyebab nya adalah bakteri, virus, jamur, pajanan bahan kimia atau kerusakan fisik dari paru-paru bakteri yang biasa menyebabkan pneumonia adalah Streptococcus dan Mycoplasma Pneumonia, sedangkan virus yang menyebabkan pneumonia adalah Adenoviruses, Rhinovirus, Influenza Virus, Respiratory Syncytial Virus (RSV). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Status Gizi Dengan Kejadian Pneumonia Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Woha. Metode penelitian adalah observasi analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini di lakukan wilayah kerja puskesmas woha bulan oktober 2021. Populasi dalam penelitian ini semua balita yang berkunjung di puskesmas woha. Tekhnik pengambilan sampel meggunakan simple random sampling sebanyak 50 responden. Analisa data yang di lakukan adalah analisa univariat da analisa bivaruat. Analisis data uji statistik chi square dengan uji alternatif lain yaitu uji fisher excat dengan tinggkat kemaknaan p=0,02 maka HA diterima karena terbukti ada hubungan pengetahuan ibu hamil dengan sikap dengan p<0,05. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan Antara Status Gizi Dengan Kejadian Pneumonia Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Woha.

Referensi

Anwar, A., & Dharmayanti, I. (2014). Pneumonia pada anak balita di Indonesia. Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional (National Public Health Journal), 8(8), 359-365.

Depkes RI (2012), laki-laki lebih resiko yang mempengaruhi kesakitan pneumonia.

Dinkes Propinsi, N. T. B. (2017). Profil Kesehatan Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Kemenkes RI (2014). Pneumonia penyakit infeksi yang masih menjadi masalah kesehatan di indonesia; Program Studi Si Ilmu Kesehatan Masyarakat Stikes Hang Tuah Pekan Baru.

Lestari, A. W., Mansyur, M., & Jannah, N. (2021). Hubungan Antara Status Gizi Dengan Kejadian Pneumonia pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Woha Tahun 2019. Yahya Bima: The Scientific Journal Health, 6(1), 1-10.

Novard, M. F. A., Suharti, N., & Rasyid, R. (2019). Gambaran bakteri penyebab infeksi pada anak berdasarkan jenis spesimen dan pola resistensinya di laboratorium RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2014-2016. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(2S), 26-32.

Simunati, S., Hariani, H., Rahman, R., Subriah, S., & Tombokan, M. (2022). Upaya Keluarga Dalam Pencegahan Penularan ISPA Dan Perawatannya Pada Balita Di Masyarakat Pesisir Kel. Barombong Kec. Tamalate Kota Makassar. Media Implementasi Riset Kesehatan, 3(1), 49-53.

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-14