Pengaruh Media Game Online Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV

Authors

  • Shofiya Launin STKIP PGRI Trenggalek
  • Wahyu Nugroho STKIP PGRI Trenggalek
  • Angga Setiawan STKIP PGRI Trenggalek

DOI:

https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss3.176

Keywords:

Game online wordwall, Minat belajar, Siswa kelas IV

Abstract

Perkembangan IPTEK yang semakin pesat di zaman sekarang ini, dalam dunia pendidikan maka menuntut seorang guru untuk memperkenalkan dan mengembangkan IPTEK sejak dini kepada siswa agar tidak tertinggal. Upaya yang dapat dilakukan yaitu melalui penggunaan media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi. Namun dalam pemanfaatannya seringkali kurang sesuai, yang di mana dapat berimbas pada minat belajar siswa yang menurun dilihat dari sikap atau perilaku siswa saat proses pembelajaran seperti bosan, ramai, tidak memperhatikan guru saat menjelaskan dan sebagainya. Berdasarkan permasalahan tersebut, untuk meningkatkan minat belajar siswa dapat diatasi melalui penggunaan media pembelajaran game online Wordwall. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh dari media game online Wordwall untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SDN 1 Sukorame. Metode penelitian kuantitatif dengan jenis Nonequivalent Pretest and Posttest Control Group Design adalah yang digunakan. Sampel penelitian ini berjumlah 40 siswa kelas IV yaitu 20 siswa SDN 1 Sukorame dan 20 siswa SDN 3 Sukorame. Hasil yang diperoleh peneliti dari uji hipotesis dengan menggunakan uji Independent Sample T-Test yaitu sig. (2-tailed) 0,000 yang berarti hasil tersebut <0,05, sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media game online Wordwall untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SDN 1 Sukorame.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian, Cetakan Ke 15. Jakarta: Rineka Cipta.

Farhaniah, Siti. (2021). “Penerapan Media Berbasis Wordwall Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar Negeri 127 Kota Jambi.” UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Fitri, Sulidar, Fahmi Dwisep Saputra, and Muhammad Taufiq. (2022). “Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Minat Belajar Siswa SMK Negeri 1 Tasikmalaya.” JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 1(3):1.

Haqiqi, Nur, and Benny Angga Permadi. (2022). “Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III Tema I Subtema I Di Mi The Noor.” Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA) 2(1):164–72.

Kartika, S., Husni, Saepul, M. (2019). “Pengaruh Kualitas Sarana Dan Prasarana Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7(1):113.

Lestari, Rizki Dwi. (2021). “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Wordwall Di Kelas IV SDN 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021.” Jurnal Ilmiah Profesi Guru 02(02):1–6.

Ningrum, C. C. (2021). “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di SD Negeri Kaliputih, Kec. Purwojati, Kab. Banyumas.” IAIN Purwokerto.

Nugroho, Wahyu. (2021). Strategi Guru Dalam Memanfaatkan Pembelajaran Berbasis Digital Pada Kurikulum Darurat. Tulungagung: Akademisi dalam Lingkaran Daring.

Nurkholis. (2013). “Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi.” Jurnal Kependidikan 1(1):24–44.

Putri, S. D., and D. E. Citra. (2019). “Problematika Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPS Di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kota Bengkulu.” IJSSE: Indonesian Journal of Social Science Education 1(1):49–55.

Rini, Yuli Sectio. (2013). “Pendidikan: Hakekat, Tujuan, Dan Proses.” Universitas Negeri Jogyakarta.

Sari, Prima Mutia, and Husnin Nahry Yarza. (2021). “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran IPA Bagi Guru-Guru SDIT Al-Kahfi.” SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 4(2):195.

Sudjana, Nana. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatf. Bandung: Alfabeta.

Supriyono. (2018). “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD.” Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar II(1):43–48.

Surbakti, Krista. (2017). “Pengaruh Game Online Terhadap Remaja.” Jurnal Curere 01(01):28–38.

Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2022-07-23