Keefektifan Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Sumber Belajar Materi Ekosistem Melalui Pembelajaran Investigasi Kelompok Dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Pada Kelas X Di SMAS Semen Tonasa

Authors

  • Hastika Hastika Universitas Negeri Makassar
  • Hamka Lodang Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Wiharto Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.57218/jupeis.Vol2.Iss1.446

Keywords:

Model investigasi kelompok, Pendekatan Jelajah Alam Sekitar, Hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar materi ekosistem melalui pembelajaran investigasi kelompok dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMAS Semen Tonasa. Sampel penelitian adalah kelas X jumlah peserta didik sebanyak 17 orang. Data penelitian diambil dengan menggunakan tes yang terdiri atas 25 butir soal. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar pada materi Ekosistem mengalami peningkatan dengan capaian rata-rata hasil belajar pada post-test sebesar 81 berada pada kategori tinggi, sedangkan pre-test sebesar 34,06 berada pada kategori sangat rendah. Peningkatan yang terjadi pada post-test disebabkan oleh adanya perlakuan yang diberikan pada kelas sample berupa penerapan model pembelajaran investigasi kelompok dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar. Uji N-Gain dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik. Diketahui peningkatan hasil belajar peserta didik terbanyak pada kategori tinggi sejumlah 15 peserta didik, terdapat 2 peserta didik pada kategori sedang dan tidak ada yang kategori rendah. Nilai rata-rata gain skor yang diperoleh sebesar 0,77 berada pada kategori tinggi. Nilai rata-rata tafsiran keefektifan N-Gain sebesar 77%. Tafsiran keefetifan perolehan tersebut menunjukkan bahwa tafsiran persentasi gain berada pada kategori efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Laelasari & Ira,R. (2014). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran PBL Dan Model Pembelajaran Group Investigasi (GI) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Jalaksana. Jurnal Euclid. 1(1).

Mulyani S. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka

Rini Riani, H. (2017). Pendekatan Jas Dipadu Gi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Jember).

Sudrajat, Akhmad. (2009). Pembelajaran Kooperatif Metode Group Investigation. http://akhmadsudrajat.word.press.com

Sudjana, Nana. (2010). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, Nana. (2010). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Trianto. (2009). Model-Model pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Yatim Riyanto. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Penerbit SIC.

Downloads

Published

2023-01-09