Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Hadist Tentang Niat Dengan Menggunakan Media Power Point Pada MIN 5 Banda Aceh

Authors

  • Mariana Mariana MIN 5 Banda Aceh
  • Arman Husni UIN Bukittinggi Sumatera Barat
  • Nur Azizah UIN Bukittinggi Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.57218/jupeis.Vol2.Iss1.461

Keywords:

Media power point, Al-Qur’an, Hadist, Hasil belajar

Abstract

Pembelajaran Al-Qur’an Hadist pada saat ini belum menunjukkan peningkatan pencapaian hasil belajar yang memuaskan, sehingga memerlukan bantuan media dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar, khususnya dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran Al-Qur’an Hadist dengan menggunakan media Powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar. Adapun lokasi penelitian dilakukan di MIN 5 Banda Aceh dengan subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 21 orang, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi serta tes. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus penskoran. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahapan atau siklus. Hasil peneitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I dikategorikan baik dengan perolehan skor siklus I sebanyak 76.2, siklus II sebanyak 77,6, siklus III83,8. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa setelah pembelajaran dengan menerapkan media powerpoint peserta didik terhadap mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di kelas IV MIN 5 Banda Aceh mengalami peningkatan dengan kategori “sangat baik”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardy Wiyani, Novan. (2017). Desain Pembelajaran Pendidikan. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Hadi, Syamsul dan Atika Anggraeni. (2008). Pemilihan Prediktor Delisting Terbaik (Perbandingan Antara The Zmijewski Model, The Altman Model,dan The Apringate Model). Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Indriyanti, Novi Yulia. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif PPT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Studi kasus: Siswa Kelas VB SDN Karangayu 02 Kota Semarang.

Jailani dan Muhammad. Kilas Balik Kebijakan Pendidikan Islam Indonesia pada Masa Orde Baru (1967-1997). Journal for Religious-Innovation Studies. Voume 19 Nomor 01 January-June (2019). p-ISSN: 1412-4378. e-ISSN 2541-2167.

Yulius, Oscar. (2010). Kompas IT Kreatif SPSS 18. Yogyakarta: Panser Pustaka.

Downloads

Published

2023-01-04