Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Google Classroom Era Pandemic Covid-19 Mata Kuliah Anatomi dan Fisiologi Ternak Pada Mahasiswa Peternakan Universitas Nahdlatul Ulama Lampung

Authors

  • Kusuma Wardany Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
  • Erni Mariana Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
  • Sulis Anjarwati Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
  • Muhammad Hadziq Qulubih Universitas Nahdlatul Ulama Lampung

DOI:

https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss3.74

Keywords:

: Google classroom, Pandemic Covid-19, Materi, Anatomi dan Fisiologi Ternak

Abstract

Penelitian pembelajaran Google Classroom era pandemic Covid-19 pada mata kuliah Anatomi Fisiologi Ternak pada mahasiswa UNU Lampung  bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Peternakan semester 3 Fakultas Pertanian, Perikanan dan Peternakan di UNU Lampung yang berjumlah 17 mahasiswa. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sekunder. Dalam teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian pembelajaran google classroom era pandemic Covid-19 mata kuliah Anfister mahasiswa Peternakan semester 3 Fakultas Pertanian, Perikanan dan Peternakan di UNU Lampung menyimpulkan bahwa (1) pelaksanaan meliputi: tujuan pembelajaran mata kuliah Anfister ini sudah sesuai indikator, dosen memberikan materi dengan rinci, dosen menggunakan media gambar, metode pembelajaran menggunakan discovery, Strategi yang digunakan, dosen mengingatkan mahasiswa sebelum pembelajaran dimulai, penilaian pembelajaran google classroom belum berhasil mencapai nilai secara klasikal, (2) Faktor Pendukung Dan Penghambat antara lain: faktor pendukung adanya kerja sama antara dosen dan mahasiswa, dan faktor penghambat mahasiswa belum siap dalam pembelajaran online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darwin, S. (2007). Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Gaung Persada Press.

Faninda, O. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits Siswa Kelas Viii Mtsn 6 Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018.

Moleong, L. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). Rosdakarya.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar.

Rohman, A. (2019). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. LaksBang Mediatama.

Sabarudin, S. (2018). Materi Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jurnal An-Nur: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan, 04(01), 1–18.

Sadiman, A. (2007). Media Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media Group.

Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-progresif. Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2022-07-01