Analisis Semiotik Foto Jurnalistik: Covid-19 di Indonesia Karya Adek Berry

Authors

  • Dita Karmiati Universitas Teknologi Sumbawa
  • Aka Kurnia Universitas Teknologi Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.57218/jupeis.Vol2.Iss3.763

Keywords:

Semiotik, Jurnalistik

Abstract

Fotografi jurnalistik adalah foto yang bernilai berita atau foto yang menarik bagi pembaca tertentu, dan informasi tersebut disampaikan kepada masyarakat sesingkat mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pesan dan tanda dalam karya foto jurnalistik Adek Berry yang mengulas seputar pandemi Covid-19 di Indonesia. Interpretasi tanda terhadap karya fotografi jurnalistik karya Adek Berry pada masa pandemi Covid-19 dianalisis dengan menggunakan pendekatan analisis semiotik Charles Sanders Peirce yang menggunakan konsep triadic yang mana suatu tanda (sign) memiliki interpretant dan representament. Melalui analisis semiotik Peirce, peneliti mendalami pemahaman terhadap variasi tanda (sign), objek dan interpretant yang terkandung dalam setiap karya fotografi. Hasil pemaknaan pada hasil karya fotografi jurnalistik Adek Berry mengenai pandemi Covid-19 di Indonesia dapat dikategorikan menurut tanda (sign), seluruh fotografi yang diteliti dapat dikategorikan sebagai sinsign menurut tipologi tanda Peirce, karena merepresentasikan satu fenomena atau situasi tertentu yang unik pada kerangka peristiwa selama pandemi Covid-19 di Indonesia. Foto pertama, kedua, dan kelima dikategorikan sebagai indeks karena memiliki hubungan fisik atau kausal dengan objek yang direpresentasikan. Foto keempat dikategorikan sebagai simbol karena mengandung konvensi sosial atau makna yang terbentuk melalui interpretasi dan konvensi budaya. Foto ketiga, keenam, dan ketujuh dikategorikan sebagai ikon karena ada kemiripan visual atau representasi yang mirip antara objek dan tanda yang ditunjukkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarini, A., & Umaya, N. M. (2010). Semiotika Teori dan Aplikasi pada karya Sastra. IKIP PGRI Semarang Press.

Andhita, P. R. (2021). Komunikasi Visual. Zahira Media Publisher.

Baetty, A. N., & Sari, M. P. (2022). Analisis Semiotika Fotografi Human Figure pada Foto Karya Mahasiswa Pendidikan Multimedia UPI. Jurnal Desain, 10(1), 85. https://doi.org/10.30998/jd.v10i1.13201

Hoed, B. H. (2014). Semiotik & dinamika sosial budaya : Ferdinand de Saussure, Roland Barthes, Julia Kristeva, Jacques Derrida, Charles Sanders Pierce, Marcel Danesi & Paul Perron, dll. Komunitas Bambu.

Ilmi, H. B., & Islam, M. A. (2021). Analisis Semiotika terhadap Karya Fotografi Jurnalistik Media Musik Online Ronascent.Biz. Jurnal Barik, 2(1), 236–248.

Pangestuti, M. (2021). Analisis Semiotika Charles S. Peirce pada Poster Street Harassment Karya Shirley. KONFIKS: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 8(1), 25–33.

Wijaya, T. (2014). Foto Jurnalistik. Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2023-07-24