Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Sekolah Dasar Inpres Habi Maumere

Authors

  • Ludvina Jina Palma Tukan Universitas Muhammadiyah Maumere
  • Ine Sanyati Universitas Muhammadiyah Maumere
  • Mariana Sada Universitas Muhammadiyah Maumere

DOI:

https://doi.org/10.57218/jupeis.Vol3.Iss1.864

Keywords:

Implementasi, Literasi, Minat baca, SDI Habi Maumere

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi program gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan minat baca peserta didik di SDI Habi Maumere. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa guru-guru pada sekolah tersebut masih pasif dalam melaksanakan literasi membaca. Guru–guru di SDI Habi belum secara aktif memberi perhatian pada upaya peningkatan literasi membaca para siswa. Melalui kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 4 (KM 4) yang diselengarakan oleh Pemkemendikbud peneliti berusaha untuk menumbuhkan kecintaan membaca siswa melalui penerapan gerakan literasi membaca Kegiatan dilaksanakan 15 menit sebelum pembelajara, peneliti juga membuat mading, dan membuat pojok baca di dalam kelas dan di perpustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan program gerakan literasi sekolah di SDI Habi masi pada tahap pembiasaan. Upaya yang dilakukan pihak sekolah dalam meningkatkan minta baca siswa yaitu, dengan kegiatan membaca 15 menit baik membaca dalam hati atau membaca nyaring sebelum memulai pembelajaran, menambah buku pengayaan, mendekatkan buku kepeserta didik dengan cara membuat area baca dan lingkungan yang kaya akan teks di dalam kelas dan di perpustakaan. Adapun kendala yang dihadapi pihak sekolah dalam pelaksanaan program gerakan literasi sekolah adalah koleksi buku bacaan sekolah yang masi kurang, kedisiplinan siswa masih rendah dimana siswa sering mencoret atau merobek kertas tulisan yang dipajang, kurangnya minat siswa dalam membaca, kurangnya dukungan yang diberikan orang tua siswa dengan demikian implementasi program gerakan literasi sekolah di SDN Habi perlu ditingkatkan ketahap pengembangan dengan melibatkan berbagai pihak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ade, Z., Mahardhani, A. J., Cahyono, H., Harmanto, B., & Hatmoko, D. (2023). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Ppwni Klang Malaysia. Zadama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 21-28.

Charcinah, N., & Wilsa, J. (2023).Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 1 Cilimus. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 460-466.

Handayani, G., Adisyahputra, A., & Indrayanti, R. (2018). Correlation between integrated science process skills, and ability to read comprehension to scientific literacy in biology teachers students. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 22-32.

Putri, A. R. S. (2019). Kegiatan Literasi 15 menit terhadap minat baca kelas IV SD Negeri Salatiga 05. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 2(2), 61-65.

Sariani, N. W. (2020). Implementasi program GLS di SMP negeri 1 Kuta Selatan dalam upaya menumbuhkembangkan minat baca siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(1), 129-130.

Sudiana, N. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sukasada Tahun Pelajaran 2017/2018 Melalui Gerakan Literasi Sekolah dengan Pocari dan Puding. Journal of Education Action Research, 4(1), 10-16.

Vidiawati, V. (2019). Implementasi Program Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Pondok Pinang Jakarta Selatan (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).

Wiratsiwi, W. (2020). Penerapan gerakan literasi sekolah di sekolah dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 230-238.

Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan minat membaca melalui gerakan literasi membaca bagi siswa sekolah dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26-31.

Downloads

Published

2024-01-08