Sosialisasi Dampak Covid 19 Pada Ekonomi Dan Manajemen Keuangan Keluarga di RT 03/03 Sawah Baru Ciputat Tangerang Selatan

Authors

  • Pusporini Palupi Jamaludin universitas Pamulang
  • Elizabeth Tika K Universitas Pamulang
  • Laura Komala Universitas Pamulang
  • Paringsih Paringsih Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Keywords:

Sosialisasi, Dampak covid 19, Ekonomi, Manajemen keuangan, Keluarga

Abstract

Tujuan dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk melaksanakan salah satu Tri  Darma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh dosen dan juga mahasiswa Universitas Pamulang. Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan keberadaan dalam  perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi kepada pengembangan penerapan keilmuan kepada masyarakat. Metode yang disampaikan  pada pengabdian kepada masyarakat ini penyampaikan materi secara verbal melalui media via zoom dalam pelaksanaan ini materi dengan melakukan Pengabdian kepada masyarakat ini dapat dilaksanakan dengan memberikan kepada pendampingan pada ibu rumah tangga yang anggota keluarganya secara ekonomi terkena dampak pandemi Covid-19. Dengan Adanya pandemi ini,yang mengakibatkan kepala keluarga terkena dampak pemberhentian hubungan kerja, begitupun juga yang menjadi para pelaku usaha mikro dan kecil berampak seperti mengalami penurunan omzet. Maka kami selaku para dosen melakukan kegiatan Sosialisasi dampak covid 19 pada ekonomi dan manajemen keuangan kelaurga di RT 03/03 Sawah Baru Ciputat Tangerang Selatan. Hasil pengabdian masyarakat yang diperoleh adalah Warga  antusias dalam menyimak pemaparan materi yang diberikan dari Pengabdian Kepada Masyarakat. Hal tersebut dilanjutkan dengan sesi tanya jawab  terkait dengan materi tersebut dengan memberikan juga pandangan cara pengelolaan keuangan keluarga saat pandemi covid 19 ini. Ilmu yang diperoleh pada pengabdian masyarakat ini harapannya para ibu rumah tangga hal ini harus pahami perbedaan kebutuhan juga keinginan. Penuhi terlebih dahulu baiknya  kebutuhan utama lalu  alokasikan dari hal  keuangan untuk keinginan pribadi lainnya.

References

Abdulsyani. (2007). Sosiologi Skematika, Teori, dan Terapan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bank Indonesia. (2013). Pengelolaan Keuangan. Jakarta: Grup Pengembangan Keuangan Inklusif Departemen Pengembangan Akses Keuangan dan UMKM Bank Indonesia.

Damanik, R. K., Amidos Pardede, J., & Warman Manalu, L. (2020). Terapi Kognitif TerhadapKemampuan Interaksi Pasien Skizofrenia Dengan Isolasi Sosial. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan,11(2),226.

Direktorat Pemberdayaan Ekonomi Keluarga, (2021). Pengelolaan Keuangan Keluarga pada Era Pandemi Covid 19, BKKBN, Jakarta.

Ghozie, Prita Hapsari. (2021). Make It Happen (Buku Pintar Rencana Keuangan Untuk Mewujudkan Mimpi). Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Hariani, S., Yustikasari, Y., Akbar, T., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2019). Pelatihan Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga Bagi Ibu-Ibu Rumah Tangga Di Batara Wisnu Journal : Indonesian Journal of Community Services e-ISSN: 2777-0567 p-ISSN : 2797-9717 Vol.1 No. 3 September - Desember 2021

Irawaty, D. K. (2020). Pengelolaan Keuangan Keluarga Pada Era Pandemik Covid-19. Direktorat Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Jhingan. (2010). Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan Cetakan ke 13. Jakarta : Rajawali Press

Republika.com (2022). Zamzamni, Arahman Yasin. https://retizen.republika.co.id/posts/24421/ekonomi-indonesia-di-kala-pandemi-covid-19

Kompas.com. (2020). Sri Mulyani: Corona Sebabkan Jumlah Penduduk Miskin Per Maret 2020 Naik 1,23 Juta.

Nopirin, (2000). Pengantar Ilmu Ekonomi Makro dan Mikro. BPFE-UGM, Yogyakarta.

Soekanto, Soerjono, (2002) Teori Peranan, Jakarta, Bumi Aksara.

Sulastiningsih. (2010). Cerdas Mengelola Keuangan Keluarga. Yogyakarta: Pro-U Media.

Susilowati, E. (2020). Bagaimana Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid 19 melalui Grup WhatsApp Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(03), 1–25.

Tristanto, A. (2020). Perceraian di Masa Pandemi Covid 19 dalam Perspektif Ilmu Sosial. Sosio Informa, 6(3), 292–304.

Downloads

Published

2022-09-23