Analisis Dampak Pembuagan Sampah Limbah Rumah Tangga Terhadap Kesehatan Lingkungan Di Kota Bima

Authors

  • Muh. Fachrizalulhaq STKIP Bima
  • Raiwatul Aprilia STKIP Bima
  • Purwati Purwati STKIP Bima
  • Evi Sukaisih STKIP Bima
  • Ayu Widarti STKIP Bima
  • Nurfadilah Nurfadilah STKIP Bima
  • Nikman Azmin STKIP Bima

DOI:

https://doi.org/10.57218/juster.v2i2.620

Keywords:

Pembuangan Limbah Sampah, Kesehatan Lingkugnan

Abstract

Permasalahan lingkungan yang sampai saat ini tidak bisa dihindari adalah limbah sampah, selain itu sampah merupakan masalah lingkungan yang cukup serius di lingkungan masyarakat, dapat diketahui bahwa penyumbang limbah sampah yang cukup banyak berasal dari pembuangan  rumah tangga. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan langsung oleh peneliti dari observasi dan wawancara kepada informan, dan untuk data sekunder didapatkan dari berbagai dokumen-dokumen yang terkait dalam penelitian ini. Bentuk penelitian adalah studi kasus, sedangkan metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yaitu dengan menggunakan teknik penggumpul data dilokasi, teknik observasi langsung, lembar wawancara, teknik studi dokumenter, dan alat penggumpul data lembar observasi, panduan wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan bahwa Kondisi sampah yang ada di bantaran sungai Tanjung Kota Bima sangat banyak sehingga sungai menjadi kotor dan tercemar. Dan faktor yang mendorong masyarakat membuang sampah dibantaran sungai karna tidak adanya fasilitas tempat pembuangan sampah di daerah bantaran sungai. Dan dampak dari pembuangan sampah dibantaran sungai sungai menjadi dangkal, dan berbau dan menimbulkan beberapa penyakit, seperti demam berdarah, diare dan gatal-gatal

References

Axmalia, A., & Mulasari, S. A. (2020). Dampak Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) Terhadap Gangguan Kesehatan Masyarakat. Jurnal Kesehatan Komunitas, 6(2), 171-176.

Djongihi, A., Adjam, S., & Salam, R. (2022). Dampak Pembuangan Sampah Di Pesisir Pantai Terhadap Lingkungan Sekitar (Studi Kasus Masyarakat Payahe Kecamatan Oba Kota Tidore Kepulauan). Jurnal Geocivic, 5(1).

Ilyasa, R. M. A. (2020). Analisis Pertanggungjawaban Negara Yang Menimbulkan Dampak Kerugian Dalam Kasus Pembuangan Sampah Plastik di Samudra Pasifik Dalam Perspektif Hukum Internasional. Padjadjaran Law Review, 8(1), 40-55.

Isyrin, M. (2020). Analisis Dampak Impor Sampah Plastik terhadap Masyarakat dan Lingkungan Hidup di Indonesia. Jurnal Unisia.

Marni, L. (2020). Dampak kualitas sanitasi lingkungan Terhadap stunting. Jurnal Stamina, 3(12), 865-872.

Nggilu, A., Arrazaq, N. R., & Thayban, T. (2023). Dampak Pembuangan Sampah Di Sungai Terhadap Lingkungan Dan Masyarakat Desa Karya Baru. Normalita (Jurnal Pendidikan), 10(3).

Priatna, L., Hariadi, W., & Purwendah, E. K. (2020). Pengelolaan Sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Gunung Tugel, Desa Kedungrandu, Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas. In Prosiding Seminar Nasional LPPM Unsoed (Vol. 9, No. 1).

Saputra, D. A., Setiawan, A., Wahono, E. P., & Winarno, G. (2020). Dampak Keberadaan Tempat Pembuangan Akhir Terhadap Kondisi Lingkungan Dan Sosial di Masyarakat (Studi Kasus Desa Karang Rejo Kota Metro Lampung). Ekologia: Jurnal Ilmiah Ilmu Dasar dan Lingkungan Hidup, 20(2), 79-87.

Siregar, E. S., & Nasution, M. W. (2020). Dampak Aktivitas Ekonomi Terhadap Pencemaran Lingkungan Hidup (Studi Kasus Di Kota Pejuang, Kotanopan). Jurnal Education and Development, 8(4), 589-589

Downloads

Published

2023-05-22