Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Pada Pelaksanaan Studi Kasus Mata Kuliah Pengantar Pendidikan

Authors

  • St. Rahmadani STKIP Pembangunan Indonesia
  • Nasrianty Nasrianty Universitas Patompo

DOI:

https://doi.org/10.57218/jupenji.Vol3.Iss1.1024

Keywords:

Instrument, Penilaian kinerja, Studi kasus

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran mata kuliah pengantar pendidikan dilengkapi dengan kegiatan studi kasus untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih berkualitas bagi mahasiswa. Namun, belum adanya pedoman instrumen penilaian kinerja yang tepat, menjadi kendala bagi pendidik dalam melakukan penilaian kompetensi keterampilan peserta didik pada kegiatan studi kasus. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengembangkan instrumen penilaian kinerja  studi kasus pada mata kuliah pengantar pendidikan di Universitas Patompo; 2)mengetahui  karakteristik  dan  kelayakan  produk  hasil  pengembangan.  Pengembangan produk dalam penelitian ini mengacu pada model Borg dan Gall. Penelitian  dilakukan  mulai dari  tahap  studi  pendahuluan  sampai  tahap  ujicoba  terbatas. Instrumen penilaian kinerja hasil pengembangan tersebut telah divalidasi oleh 3 (tiga) orang validator dengan rata-rata skor berturut-turut  4,76; 4,20 dan 4,51 yang berkategori “sangat baik”. Uji coba terbatas dilakukan  terhadap  10  (sepuluh)  orang  mahasiswa  dengan  kategori  kemampuan  tinggi, sedang,  dan  rendah. Hasil  ujicoba  terbatas  tersebut  menunjukkan  persentase  rata -rata yang diberikan berturut-turut 81,2%, 80%,dan 80,57%. Dari hasil penelitian, Instrumen penilaian kinerja praktikum hasil pengembangan dianggap layak untuk digunakan pada kalangan terbatas. Penelitian ini dapat dilanjutkan pada tahapan yang lebih luas melalui ujicoba lapangan.

References

Ardli, I., Abdullah, A. G., Mudalifah, S., & Ana, A. (2012). Perangkat Penilaian Kinerja Untuk Pembelajaran Teknik Pemeliharaan Ikan. invotec, 8(2).

AS Horby, Oxford Advanced Learner’s Dictionary, Ninth Edition. Oxford: Oxford University Press, 1995, h. 172.

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1984). Educational research: An introduction. British Journal of Educational Studies, 32(3).

Budhiwaluyo, N., Asyhar, R., & Hariyadi, B. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja pada Praktikum Struktur dan Fungsi Sel Di SMA Negeri 1 Kota Jambi. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(2)

Mulyana, D. (2003). Metodologi Penelitian Kualitatif (Paradigma baru ilmu komunikasi dan ilmu sosial lainnya).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

PGMI IAIN Kediri. (2023). Penilaian Pembelajaran. Diakses dari http://pgmi.iainkediri.ac.id/penilaian pembelajaran pada 10 januari 2024.

Ridlo, U. (2023). Metode Penelitian Studi Kasus: Teori dan Praktik. Publica Indonesia Utama.

Rahardjo, M. (2017). Studi kasus dalam penelitian kualitatif: konsep dan prosedurnya.

Saputra, D. I., Abdullah, A. G., & Hakim, D. L. (2014). Pengembangan model evaluasi pembelajaran Project Based Learning berbasis logika fuzzy. Invotec, 9(1).

Downloads

Published

2024-01-09