Pengembangan E-comic Berkarakter Terhadap Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Segi Empat
DOI:
https://doi.org/10.55784/jupenji.Vol1.Iss1.149Keywords:
Research and Development (R&D), Karakter, Pemahaman matematisAbstract
Rancangan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan meliputi Analisis, Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementasi), dan Evaluasi, merupakan metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini (evaluasi). Dua subjek dalam penelitian ini adalah mereka yang terlibat dalam pengujian produk dan mereka yang terlibat dalam pengembangan produk. Ada 27 siswa kelas 7 SMP Negeri 10 Sungai Kakap yang mengikuti penelitian ini sebagai subjek tes. Lembar validasi, soal ujian, dan angket respon pengajar dan siswa merupakan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini. Tujuan dari proyek ini adalah untuk membuat sumber belajar e-comic menggunakan konten berbasis Quadrangular. Validitas e-comic mencapai hasil 85,05 persen dengan kriteria valid, dan media e-comic memperoleh hasil 85,92 persen dengan kriteria valid, menurut temuan penelitian. Dengan standar sangat praktis, tingkat e-practicality komik ini mencapai 96,11 persen. Selain itu, kemanjuran e-comic diukur oleh 16 dari 27 siswa yang selesai menerima hasil yang memenuhi persyaratan yang berhasil.
References
Adeliyanti, S., Hobri, H., & Suharto, S. (2018). Pengembangan E-comic Matematika Berbasis Teknologi Sebagai Suplemen Pembelajaran Pada Aplikasi Fungsi Kuadrat. KadikmA, 91.1: 123-130.
Arikunto, S. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Darma, Y., Suratman, D., & Yani, A. (2019). Analisis Data Statistik. Yogyakarta: Graha Ikmu.
Fatmawati, E., Karmin, K., & Sulistiyawati, R. S. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 12(1), 24–31.
Gumilang, M. R., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2019). Pengembangan Media Komik dengan Model Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 185.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). HARD SKILLS dan SOFT SKILLS. Bandung: PT Reflika Aditama.
Hidayah, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. 4, 13.
Husna, I., Purwosetiyono, F. D., & Endahwuri, D. (2020). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Trigonometri Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(6), 501–509.
Irsalina, A., & Dwiningsih, K. (2018). Practicality Analysis of Developing the Student Worksheet Oriented Blended Learning in Acid Base Material. JKPK (Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia), 3(3), 171.
Jafar, A. F. (2021). Pengembangan Komik Elektronik (E-Comic) Usaha Dan Pesawat Sederhana Development Of Electronic Comic (E-Comic) Business And Simple Aircraft. Jurnal Pendidikan Fisika, 18.
Karo-Karo, I. R., & Rohani. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM, VII(1), 91–96.
Lestari, I., & Nugrahani, A. (2021). Pengembangan Media Belajar Album Stiker Masuk dan Berkembangnya Pengaruh Hindu Budha di Indonesia Sebagai Bahan Ajar Pendukung Mata Kuliah Sejarah Nasional Indonesia I Program Studi Pendidikan Sejarah dan Sosiologi IKIP Budi Utomo Malang. Khazanah Pendidikan, 15(1), 8.
Lestari, K. E., & Yudhnegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177.
Meliana, D., & Tanudjaja, B. B. (2020). Perancangan Komik Digital Tentang Insecurity Pada Kehidupan Sosial Kepribadian Introvert Bagi Remaja Usia 15-21 Tahun. 9.
Oktaviana, D., Prihatin,I., Fahrizar.(2020). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Contextual Teaching And Learning Dalam Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 1-11.
Ramadhan, N., & Khairunnisa. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Big book Subtema Indahnya Keberagaman Budaya Negeriku. 8(1), 49–60.
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2012). Media Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sari. D. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Ditinjau Dari Self Confidence Siswa Smp/Mts Pada Materi Kubus Dan Balok. Skipsi pada Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau: Tidak diterbitkan.
Septy, L., Hartono, Y., & Putri, R. I. I. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Pada Materi Peluang Di Kelas VIII. Jurnal Didaktik Matematika, 2(2).
Siburin, C. N. (2019). Pembelajaran dengan Model Kooperatif Tipe Jigsaw I dan Pendekatan Ilmiah Terhadap Kemampuan Peserta Didik dalam pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Pada Materi Jajar Genjang Di Kelas X SMA Negeri 1 Tigalingga TP 2018/2019.
Siswoyo, B. (2011). Peningkatan Hasil Belajar Sifat-Sifat Segiempat dengan Pendekatan STAD (Student teams Achievement Divisions) di Kelas VII SMP Negeri 2 Kutalimbaru. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif Inovatif, 2 (2), 89-103.
Suherman, S. (2015). Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Pola Bilangan Dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 81–90.
Sundayana, R. (2018). Media dan Alat Praga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Syafri, F. S. (2019). Pengaruh kemampuan representasi siswa dalam pemecahan masalah matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(May), 49–55.
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Singaraja: Graha Ilmu.
Widiantari, K. S., & Herdiyanto, Y. K. (2013). Perbedaan Intensitas Komunikasi Melalui Jejaring Sosial antara Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert pada Remaja. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1).
Widodo, S. A. (2013). Analisis Kesalahan Dalam Pemecahan Masalah Divergensi Tipe Membuktikan Pada Mahasiswa Matematika. 8.
Witanta, V. A., Baiduri, B., & Inganah, S. (2019). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Perbandingan Kelas VII SMP. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1).