Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli pada Muatan IPA Kelas IV SD Negeri 3 Peguyangan

Authors

  • Ni Kadek Ria Swandewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Komang Ngurah Wiyasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.55784/jupenji.Vol1.Iss2.206

Keywords:

Daur hidup hewan, IPA, Media pembelajaran, Monopoli

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran monopoli pada muatan IPA di kelas IV, (2) Mengetahui kualitas media pembelajaran monopoli pada muatan IPA di kelas IV , (3) Mengetahui efektivitas media pembelajaran monopoli pada muatan IPA di kelas IV. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah para ahli yang terdiri dari ahli isi pembelajaran, desain pembelajaran dan media pembelajaran serta siswa kelas IV yang berjumlah 29 orang. Metode pengumpulan data berupa tes dan non tes. Adapun hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu (1) Rancang bangun media pembelajaran monopoli yaitu kartu yang dicetak menggunakan kertas artpaper, yang bagian kartunya ada dua sisi dengan kode kartu yang berurutan. (2) Kelayakan media pembelajaran monopoli diperoleh dari hasil uji ahli isi pembelajaran 85%, uji desain pembelajaran 82,5%, uji ahli media pembelajaran 90%, uji perorangan 91,6%, uji kelompok kecil 93% dan uji lapangan 92,5%. (3) Hasil uji hipotesis dengan uji-t sample dependent memperoleh dengan db= n-1 =29-1 = 28, t tabel pada tabel taraf signifikansi 5% untuk pengujian hipotesis direksional sebesar 1,701 maka terlihat bahwa thitung > ttabel. Berdasarkan hal tersebut, media pembelajaran monopoli dinyatakan efektif.

References

Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV SD. Jurnal Pijar Mipa, 16(02), 170-175.

Dula, N. G. Stefani. 2016.“Pengembangan Media Pop Up Book Pada Materi Bentuk Permukaan Bumi Untuk Siswa Kelas III”. Jurnal Penelitian Universitas Negeri Semarang, 1(1), 48-50.

Huri, A. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Menganalisis Rangkaian Listrik Siswa SMK Negeri 2 Karang Baru Kuala Simpang (Doctoral dissertation, UNIMED).

Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019). Model ADDIE Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 516–525. file:///C:/Users/admin/AppData/Local/Temp/844-1705-1-PB.pdf

Midun, H. (2016). Penggunaan Media Pembelajaran Menuju Produktivitas Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 8(1), 83-92.

Nisa, U. K., Shavab, O. A. K., & Jayusman, I. (2020). Pengaruh Media Permainan Monopoli Terhadap Kemampuan Berpikir Historis Siswa Kelas XI MIPA 8 SMA Negeri 1 Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(2), 172-187.

Rohani, R. (2016). Mengoptimalkan Perkembangan Kognitif Anak melalui Kegiatan Bermain. JURNAL RAUDHAH, 4(2).

Smith, B. J., Cullingford, L., & Usherwood, J. R. (2015). Identification of mouse gaits using a novel force-sensing exercise wheel. Journal of Applied Physiology, 119(6), 704-718.

Suparman, A. (1997). Model-model pembelajaran interaktif. Bandung: Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI.

Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima.

Undang-Undang Republik Indonesia no. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Sekretariat Negara.

Downloads

Published

2022-08-05