Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik 3D Pageflip Berbasis Problem Based Learning Pada Sub Konsep Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan Di SMA

Authors

  • Rizki Amaida Universitas Lambung Mangkurat
  • Noorhidayati Noorhidayati Universitas Lambung Mangkurat
  • Aulia Azijah Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.55784/jupenji.Vol1.Iss2.221

Keywords:

LKPD Elektronik, Problem Based Learning, Pertumbuhan, Perkembangan

Abstract

Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik diperlukan guru dalam menghadapi pandemi Covid-19 sekarang ini. Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik merupakan sebuah bentuk penyajian bahan ajar yang disusun secara sistematis kedalam unit pembelajaran tertentu yang disajikan dalam format elektronik. Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik yang dikembangkan disesuaikan dengan model-model pembelajaran Kurikulum 2013 dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik 3D Pageflip Berkarakteristik Problem Based Learning pada Sub Konsep Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan di SMA yang meliputi validitas, kesesuaian, keterbacaan dan respon peserta didik. Jenis metode penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model 4D yang dibatasi untuk Disseminate hanya sampai penyebaran melalui publikasi dan pencetakan produk. Hasil pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik pada Sub Konsep Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan di SMA mempunyai nilai persentase validasi sebesar 79,44%, nilai persentase kesesuaian sebesar 81,66%, nilai persentase keterbacaan sebesar 99,12%, dan nilai persentase respon peserta didik sebesar 87,97% dari penilaian yang dinilai termasuk ke dalam kriteria sangat baik dan sesuai, sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

References

Akbar, S., & Sriwiyana, H, 2010. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Cipta Media.

Kemdikbud, 2013. Permendikbud No. 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.

Kurniawati, 2016. Mengembangkan Media Komik. Digital Di MAPEL Bhs. Indonesia Indonesia Topik Lingkungan Sahabat Kita Materi, Text Cerita Manusia dan Lingkungan. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 6, 1-9.

Leen, C.C., Hong, K.F.F.H., dan Ying, T.W., 2014. Creative and Critical Thinking in Singapore Schools. Singapore: Nanyang Technological University.

Liliasari, 2011. Membangun Masyarakat Melek Sains Berkarakter Bangsa Melalui Pembelajaran. Semarang.

Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Puspitasari, 2019. Metode penelitian kualitatif dan perspektif rancangan penelitian, Yogyakarta: Ar-Russ media.

Putra, 2019. Kelayakan Bahan Ajar pada Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 yang Disusun Oleh Pendidik SMA Kelas XI di Kabupaten Demak. (Skripsi, Universitas Negeri Semarang). Diakses melalui https://lib.unnes.ac.id/33748/

Susanto, Ahmad, 2013. Teori Belajar dan Mengajar Di Sekolah Dasar. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I., 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. National Center for Improvement Educational System.

Usman, N., Puspita, L., & Maulina, P. H, 2018. 5M (Mengamati, Menanya, Mencoba, Menalar Dan Mengkomunikasikan) Tema Cita-Citaku Kelas IV SD Negeri 157 Palembang. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 5(2), 132-139. doi:https://doi.org/10.36706/jisd.v5i2.8268.

Downloads

Published

2022-08-18