Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Teknik Bermain Peran (Role Playing) Bagi Siswa Di SMP Negeri 5 Kota Bima
DOI:
https://doi.org/10.55784/jupenji.Vol1.Iss2.233Keywords:
Motivasi belajar, Teknik bermain peranAbstract
Penelitian tentang upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui teknik bermain peran (role playing) dilatabelakangi oleh permasalahan belajar siswa yaitu bahwa sebagaian besar siswa kurang memiliki motivasi untuk belajar sehingga perlu upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui teknik bermain peran (role playing). Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, instrumen penelitian dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, instrumen penelitian, displayi data dan verifikasi. Kemudian pengecekkan keabsahan temuan dilakukan dengan teknik trianggulasi yaitu trianggulasi metode dan sumber data. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui teknik bermain peran dapat mengarahkan dan dorongan untuk mencapai hasil belajar yang dicapai dari kegiatan belajar, meski hasilnya belum maksimal namun sangat baik untuk membantu peserta didik. Secara maksimal bentuk motivasi yang kami lakukan yaitu dengan memberikan kesempatan saat melakukan adegan atau ikut serta memerankan peran yang akan dimainkan dan memberikan tanggapan peran yang dilakukan sehinggah membantu memiliki kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan seluruh pikiran dan minatnya.
References
Arsyad, A., & Sulfemi, W. B. (2018). Metode Role Playing Berbantu Media Audio Visual Pendidikan dalam Meningkatkan Belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(2), 41-46.
Arends, R., I. (2008). Learning to teach. (Terjemahan Helly Prajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto). New York: McGraw Hill Companies. (Buku Asli Diterbitkan tahun 2007).
Awlawi, A. H. (2013). Teknik bermain peran pada layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan self-esteem. Konselor, 2(1).
Dimyati dan Mudjiono. 2009;80 Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Maryanto, L., Setyowani, N., & Mugiarso, H. (2013). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Bermain Peran. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 2(3).
Rosdiani, R., Nasir, M., & Nurfathurrahmah, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Aktivitas Bertanya Siswa Kelas VIII SMPN 2 Donggo Tahun Pelajaran 2021/2022. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(1), 8-11.
Santrock, J. W. (2011). Masa Perkembangan Anak. Jakarta: Salemba Humanika.
Sardiman, A.M, (2014). Interaksi & Motivasi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Wardani, F. R. (2018). Penerapan metode pembelajaran bermain peran (role playing) sebagai upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wonogiri Pada Materi Indra Penglihatan dan Alat Optik.[Skripsi]. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Yenti, A. K. P., Asri, S. A., & Oktaviany, V. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Role Playing. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 179-183).