Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Kelas V Menggunakan Model PBL Dibantu Model JSGM Serta Permainan Ular Naga
DOI:
https://doi.org/10.57218/jupenji.Vol2.Iss3.816Keywords:
JSGM, Kolaborasi, Permainan ular naga, Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas V pada Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan menggunakan model Problem Based Learning dibantu dengan model JGSM dan Permainan ular naga. Penelitian ini menggunakan PTK yang dilaksanakan 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V Kelayan Selatan 8 berjumlah 20 orang. Indikator keberhasilan penelitian dengan ketuntasan belajar yaitu 80% peserta didik mencapai KKM nilai ≥80. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada pertemuan I hingga pertemuan II aktivitas pendidik mendapatkan kriteria “Sangat Baik” di 2 pertemuan. Aktivitas peserta didik pada pertemuan I “Sebagian besar aktif” meningkat menjadi “Hampir seluruhnya aktif” pada pertemuan II. keterampilan kolaborasi peserta didik pada pertemuan I “Sebagian besar Terampil” meningkat menjadi “Hampir seluruhnya Terampil” pada pertemuan II. Sedangkan ketuntasan hasil belajar peserta didik 75% di pertemuan I meningkat menjadi 100% di pertemuan II. Disimpulkan bahwa dalam menggunakan model Problem Based Learning dibantu dengan model JSGM serta Permainan Ular Naga aktivitas dan keterampilan kolaborasi peserta didik mengalami peningkatan.
References
Evimalinda, R.dkk. (2022). The Role Of Christian Religious Education Teachers In Building Student’s 6c Skills In The Era 4.0. Proceedings Of The International Conference On Theology, Humanities, And Christian Education (Iconthce 2021), 669 (Iconthce 2021), 192–196.
https://Doi.Org/10.2991/Assehr.K.220702.044.
Lestari, L., Nasir, M., & Jayanti, M. I. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Sanggar. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(4).
Metroyadi & Fauzi. (2020). The Effect of Mind Mapping Based Contextual Learning on Student Learning Outcomes. Advances in Social Science,. Education and Humanities Research, 501.
Metroyadi, & Fauzi. (2021). The Role of School Chief in the Implementation of Managemen Based on Environmental Education Programs (Adiwiyata Program). Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 525.
Nasir, M., Fahruddin, F., Haljannah, M., & Nehru, N. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMAN 5 Kota Bima. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 289-296.
Nuningsih, A., Nasir, M., & Olahairullah, O. (2022). Implementasi Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 1(3), 78-84.
Priscilla, C., & Yudhyarta, D. Y. (2021). Implementasi Pilar-Pilar Pendidikan Unesco. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(1), 64–76. Https://Doi.Org/10.46963/Asatiza.V2i1.258
Puspitasari. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Pembelajaran Daring Pada Peserta didik Kelas 1 SD Negeri Turi 3 Melalui Media Powerpoint. Porsiding Pendidikan Profesi Pendidik, III(1), 344-352.
Redhana, I. W. (2019). 2239 Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam. Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Kimia FMIPA, Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Vol 13, No 1, 2019, halaman 2239 – 2253.
Septikasari, R., & Nugraha, R. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, VII(02), 112-122.
Suriansyah dkk. (2014). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Syahrul, S., Nasir, M., & Nurfathurrahmah, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Lambitu. Oryza: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 54-58.
Wahyudi, L. E.dkk. (2022). Mengukur Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Ma’arif Jurnal Of Education Madrasah Innovation And Aswaja Studies (Mjemias), 1(1), 18–22. Https://Jurnal.Maarifnumalang.Id/ (Diunduh 10 Februari 2022)
Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad ( Student Teams Achievement Division ) Dalam Pembelajaran Mi. 4(1).