Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Unwira Angkatan 2022 Dalam Menghasilkan Laporan Keuangan Sederhana

Authors

  • Elda Elfiance Julianti Riwu Universitas Katolik Widya Mandira
  • Noni Tahun Universitas Katolik Widya Mandira
  • Marlin Septiyanti Haki Universitas Katolik Widya Mandira
  • Yohanes Pemandi Lian Universitas Katolik Widya Mandira

DOI:

https://doi.org/10.57218/jueb.v2i4.964

Keywords:

Laporan keungan sederhana, Perusahaan jasa, Tingkat pemahaman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat pemahaman mahasiswa/i akuntansi angkatan 2022 di Universitas Widya Mandira dalam menghasilkan laporan keuangan sederhana pada perusahaan jasa. Sejatinya, laporan keuangan merupakan hal yang sudah lumrah untuk mahasiswa/i akuntansi namun di era yang modern ini sumber daya manusia dituntut untuk memiliki kemampuan tidak sebatas memahami tetapi harus menghasilkan agar mampu bersaing di dunia lapangan kerja nantinya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan observasi berupa wawancara dan pemberian challenge, subjek penelitian adalah mahasiswa aktansi angkatan 2022 berjumlah 60 orang. Dan hasil dari penelitian ini menunjukan Tingkat pemahaman mahasiswa/i program studi Akuntansi, Universitas Widya Mandira, (angkatan 2022) dalam menghasilkan laporan keuangan sederhana bagi perusahaan jasa adalah Cukup Paham. Hal ini dibuktikan dengan dari total 60 orang responden yang diwawancarai dan diberi challenge yang dominan substansinya dalam menyelesaikan siklus akuntansi untuk menghasilkan laporan keuangan adalah kategori Cukup Paham dimana ada 27 orang yang mampu menyelesaikan siklus akuntansi sampai pada Neraca Lajur.

References

Amin Mustofa. (2000), Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Mahasiswa Jurusan Akuntansi STIE Stikubank Semarang, (skripsi tidak dipublikasikan).

Dhea, Amelia, Pace. (2022). Pengaruh pemahaman Akuntansi dan Pemanfataan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan, Mahasiswa.

Eldon S. Hendrikson dan Michael F. Fan Breda. (2002). Analisis Tingkat Pemahaman Laporan Keuangan Bagi Mahasiswa Jurusan Akuntansi ditinjau dari Pendidikan, Pelatihan dan Ketekunan Di STIE Dharmaputra Semarang,

Ikatan Akuntan Indonesia. (2002). Standar Akuntansi Keuangan, IAI, Jakarta. Jurusan Akuntansi Universitas Nusa Putra, (2022)http://repository.nusaputra.ac.id/id/eprint/379/1/DHEA%2C%20AMEL%2C%20PACE.pdf.

Repository.stei. (2022) Pada http://repository. nusaputra.ac.id/id/eprint/379/1/DHEA%2C%20AMEL%2C%20PACE.pdf

Sukmadinata, N.S. & Syaodih, E. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: PT Refika Aditama

Winkel. (2009). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Jakarta: Gramedia

Downloads

Published

2023-12-26