Pengaruh Kenaikan Bahan Pokok Terhadap Anak Kos

Authors

  • Maria Baun Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Gracella Pasquela Fahik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Dismas Ervanmere Setiawan Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Don Oscar Filius Sae Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Yohanes Pemandi Lian Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

DOI:

https://doi.org/10.57218/jueb.v3i1.981

Keywords:

Anak kos, Bahan pokok, Daya beli, Harga, Kepuasan

Abstract

Salah satu masalah yang sering terjadi di Indonesia adalah mengenai kenaikan harga bahan pokok yang belakangan ini kian menjadi masalah yang serius, biasanya disebabkan karena adanya faktor iklim dan cuaca yang tidak menentu. Sehingga menyebabkan Petani gagal panen, akibatnya distribusi ke masyarakat menjadi berkurang. kemudian faktor infrastruktur seperti jalan yang rusak dapat menghambat jalur distribusi. Kemudian yang terakhir dipengaruhi oleh kondisi daerahnya. Ketiga faktor tersebut yang dapat mempengaruhi fluktuasi harga di setiap daerah. Kenaikan harga ini akan dapat mengurangi konsumsi masyarakat, dikarenakan pendapatan masyarakat lebih kecil darpada tingkat konsumsi yang berakibat meningkatknya jumlah kemiskinan. Maka peran pemerintah sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah kenaikan harga bagi orang, maupun keluarga yang tidak mampu sehingga kenaikan harga bukan lagi menjadi masalah serius yang harus dicari jalan keluarnya.

References

Ahkamian, H., & Karimi, M. (2019). The Effects of Kenaikan Harga Bahan Pokok Terhadap Anak Kos. Journal of Student Affairs in Indonesia, 40(3), 453-463.

Ahkamian, H., & Karimi, M. (2020). Pengaruh kenaikan harga bahan pokok terhadap kualitas makan para mahasiswa asrama di Mahasarakam. Jurnal Pengelolaan Mahasiswa Indonesia, 61(1), 97-121.

Alwi, A., & Sugondo, N. (2020). Analisis dampak kenaikan harga bahan pokok terhadap konsumsi dan perilaku konsumsi mahasiswa di Indonesia. Jurnal Manajemen Mahasiswa Indonesia, 1, 1-20.

Fajar, J., & Widjajanto, R. (2020). Dampak kenaikan harga beras pada kualitas hidup masyarakat pedesaan yang berpenghasilan rendah di Nusa Tenggara Timur. Jurnal Pengembangan Desa dan Kawasan, 2(5), 55-65.

Rosti, W., & Saparinah, N. (2020). Dampak kenaikan harga bahan pokok terhadap konsumsi mahasiswa asrama di Nusa Tenggara Timur. Jurnal Manajemen Mahasiswa Indonesia, 2, 1-20.

Downloads

Published

2024-03-10