Identifikasi Mycobacterium Tuberculosis Pada Perokok Aktif Dengan Metode Pewarnaan Ziehl–Neelsen

Penulis

  • Asni Hasanuddin Universitas Indonesia Timur
  • Jurnal Syarif Universitas Indonesia Timur

DOI:

https://doi.org/10.57218/jkj.Vol1.Iss2.331

Kata Kunci:

Perokok aktif, Ziehl–Neelsen, Mycobacterium tuberculosis

Abstrak

Penyakit tuberkulosis masih menjadi masalah kesehatan bagi masyarakat Indonesia terutama bagi perokok aktif. Terdapat banyak faktor risiko yang dapat menyebabkan terjadinya tuberkulosis pada perokok aktif diantaranya usia mulai merokok, jumlah rokok yang dikonsumsi per hari, dan sudah berapa lama merokok dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil identifikasi mycobacterium tuberculosis pada perokok aktif dengan Metode Uji ketahanan asam  pewarnaan Ziehl–Neelsen. Jenis  penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik yang bertujuan untuk mengetahui hasil identifikasi mycobacterium tuberculosis pada perokok aktif  Uji ketahanan asam  pewarnaan Ziehl–Neelsen ini dilakukan di Laboratorium Rumah Sakit Wisata Universitas Indonesia Timur Makassar pada tanggal 22 September sampai dengan tanggal 06 Oktober 2022. Populasi pada penelitian ini sebanyak 10 orang. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik total sampling sehingga diperoleh 10 sampel Variabel penelitian adalah perokok aktif. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk tabel dan narasi. Setelah dilakukan Uji Laboratorium dengan metode pewarnaan Ziehl–Neelsen ditemukan  bahwa 1 dari 10 sampel perokok aktif  teridentifikasi Mycobacterium tuberculosis.

Referensi

Andika, I. N., & Amran Nur. (2021). Gambaran Tingkat Pengetahuan dan Sikap Masyarakat Terhadap Upaya Pencegahan Penyakit TB Paru Di Puskesmas Kalumata.

Barokah, A. A. N. (2020). Studi Deskriftif Pasien TB paru Berdasarkan Diagnosis Radiologi Di RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar September 2017-2018.

Ira Elvi Sulastri. (2019). Uji Sensitivitas dan Spesifisitas Pewarnaan Ziehl-Neelsen Pada Penderita Suspek Tubeculosis Paru Di Puskesmas Pancur Batu Deli Serdang.

Juwita Yanti Pakpahan. (2022). Hubungan Perilaku Merokok Dengan Status Gizi Dengan Kejadian TB Paru Di Poli Paru RS Kota Dumai.

Muhammad Siri Dangnga, M. M. (2020). Pengaruh Merokok Terhadap Kejadian Konversi Sputum pada Penderita TB Paru Di kota Pare Pare. 3(2), 206–217.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-06