Analisis Kecemasan dan Citra Tubuh Trimester II dan III Pada Primigravida

Penulis

  • Hafizah Tul Hasanah Universitas Riau
  • Widia Lestari Universitas Riau
  • Rismadefi Woferst Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.57218/jkj.Vol2.Iss2.907

Kata Kunci:

Citra tubuh, Kecemasan, Primigravida

Abstrak

Kecemasan dan citra tubuh merupakan masalah psikologis yang sering terjadi pada ibu hamil terutama pada ibu primigravida. bertujuan untuk  menganalisis kecemasan dan citra tubuh pada ibu primigravida trimester II dan III di wilayah kerja puskesmas Payung Sekaki Kota Pekanbaru. Desain penelitian deskriptif kuantitatif dengan sampel 60 orang ibu hamil trimester II dan III yang seuai kriteria inklusi menggunakan teknik purposive sampling. Menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian didapatkan 43 orang ibu hamil trimester II dan 17 orang trimester III. Pada trimester II didapatkan kecemasaan sedang sebanyak 30.2%, sangat berat dan normal masing-masing 25.6%, berat sebanyak11.6% dan ringan sebanyak 7%. Primigravida trimester III dengan kecemasan berat sebanyak 35,3%, sangat berat sebanyak 29,4%, serta kecemasan sedang dan normal masing-masing 17,6%. Primigravida  trimester II dengan citra tubuh positif sebanyak 51.2 % dan citra tubuh negatif sebanyak 48.8%. Primigravida trimester III dengan citra tubuh negatif sebanyak 52.9% dan citra positif sebanyak 47.1%. Ibu primigravida trimester III tampak memiliki kecemasan yang cukup berat dan persepsi terhadap citra tubuh yang negatif sedangkan pada  primigravida trimester II memiliki kecemasan sedang dan citra tubuh positif. Saran agar ibu hamil dapat memahami perubahan pada kehamilan merupakan hal wajar, dan dapat mengurangi kecemasan dengan menambah wawasan seputar kehamilan.

Referensi

Atiqoh, R. N. (2020). Kupas Tuntas Hiperemesis Gravidarum Mual Muntah Berlebihan Dalam Kehamilan. Jakarta: Penerbit One Peach Media.

Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru. (2020). Data Kesehatan Kota Pekanbaru Tahun 2020. Pekanbaru: Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru.

Fauziah, Siti., & Sutejo. (2012). Buku Ajar Keperawatan Maternitas Kehamilan Vol. 1. Jakarta: Kencana.

Fitriyah, Lailatul. (2018). Effect Of Media To Disordered Eating Mediated By Body Image On Adolescents. Reasearchgate.

Hastanti, Heni. (2019). Primigravida Memiliki Kecemasan yang Lebih saat Kehamilan. Indonesian Midwifery and Health Sciences Journal, 3(2).

Janiwarty, B & Pieter, H. Z. (2013). Pendidikan Psikologi untuk Bidan Suatu Teori dan Terapannya. Yogyakarta: Rapha Publishing.

Juliadilla, R. (2017). Dinamika Psikologis Perubahan Citra Tubuh pada Wanita pada Saat Kehamilan. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 9(1), 57-66.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Profil Kesehatan Indonesia 2019. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia 2020.

Pakasi, S, P., Zakiyah., & Setyaningsih, W. (2020). Hubungan Citra Tubuh dengan Tingkat Stres, Kecemasan dan Depresi pada Ibu Hamil. Binawan Student Journal (BSJ), 1(2), 172-177.

Puspitasari, Ika., & Wahyuntari Evi. (2020). Gambaran Kecemasan Ibu Hamil Trimester III. University research collouium.

Rahmawati, P. M., & Susanto, T. (2020). Kecemasan Ibu Primigravida Dalam Menghadapi Persalinan. Konferensi Nasional (Konas) Keperawatan Kesehatan Jiwa, 4(1), 65-72.

Roomruangwong, Chutima., et al. (2017). High Incidence of Body Image Dissatisfaction in Pregnancy and The Postnatal Period: Associations with Depression, Anxiety, Body Mass Index and Weight Gain during Pregnancy. Sexual & Reproductive Healthcare.

Vftisia, Vistra. & Afriyani, Luvi Dian.(2022) Tingkat Kecemasan, Stress dan Depresi pada Ibu Hamil Trimester II dan III di PMB Ibu Alam Kota Salatiga. Indonesia Journal of Midwifery, 4(1).

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-11