Pengembangan Media Articulate Storyline Topik Mekanisme Pendengaran Manusia Dan Hewan Untuk Peserta Didik SMP

Authors

  • Risma Agustina Universitas Lambung Mangkurat
  • Yudha Irhasyuarna Universitas Lambung Mangkurat
  • Sauqina Sauqina Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss3.119

Keywords:

Media articulate storyline, Mekanisme, Pendengaran manusia dan hewan, Peserta didik

Abstract

Penelitian pengembangan media articulate storyline topik mekanisme pendengaran manusia dan hewan bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyse, Design, Develop, Implement and Evaluate). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik persentase lembar validasi ahli media dan ahli materi. Selain itu menggunakan angket respon peserta didik dan tes soal. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran interaktif articulate storyline memperoleh skor validitas ahli media sebesar 83,7% sedangkan validitas ahli materi sebesar 82,1%. Media pembelajaran interaktif juga telah diuji cobakan secara perorangan peserta didik memperoleh skor 85,19% dan untuk kelompok kecil memperoleh skor sebesar 88,76%. Selain itu hasil keefektifan dari ketuntasan hasil belajar peserta didik memperoleh skor 76%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media articulate storyline materi mekanisme pendengaran manusia dan hewan dikategorikan sangat valid, sangat praktis, dan baik digunakan dalam pembelajaran IPA SMP.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alifa, N. S. (2021). Pengembangan media video pembelajaran animasi berbasis kinemaster untuk meningkatkan pemahaman pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN kedaleman IV. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 8(2), 165–176.

Azizah, V. N., & Budijastuti, W. (2021). Jurnal inovasi pembelajaran biologi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 2(2), 40–51.

Christina, N. M. A., & Ganing, N. N. (2021). Multimedia interactive learning on indonesian language content. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 4(2), 191–200. https://doi.org/10.23887/ijerr.v4i2.39434

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran IPA untuk siswa SD kelas V. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2), 33–48.

Ernawati, I., & Sukardiyono, T. (2017). Uji kelayakan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran administrasi server. Journal Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210.

Fawziah, E., Yani, A. P., & Idrus, I. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di Sman 08 Kota Bengkulu. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 73–79. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.2.73-79

Havizul. (2020). Pengembangan multimedia interaktif untuk pembelajaran ips di sekolah dasar menggunakan model ddd-e. Jurnal Pendidikan Sosial Horizon, 6(2), 283. https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1202

Husna Arsyah, R., Ramadhanu, A., & Pratama, F. (2019). Perancangan dan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Sistem Komputer ( Studi Kasus Kelas X TKJ SMK Adzkia Padang ). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 1(2), 31–38. https://doi.org/10.47233/jteksis.v1i2.49

Ilahi, A. K., Ibrahim, M., & Ambarwati, R. (2016). Validitas, kepraktisan, dan keefektifan lks berbasis scientific approach submateri echinodermata kelas X. Jurnal Unesa Bioedu Berkaa Ilmiah Pendidikan Biologi, 5(3), 411–417.

Indriani, M. S., Artika, I. W., & Ningtias, D. R. W. (2021). Penggunaan aplikasi articulate storyline dalam pembelajaran mandiri teks negosiasi kelas x boga di SMK negeri 2 singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(1), 25–36.

Leztiyani, I. (2021). Optimalisasi penggunaan articulate storyline 3 dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 24–35.

Maknuni, J. (2020). Pengaruh media belajar smartphone terhadap belajar siswa di era pandemi covid-19. Jurnal Indonesian Educational Administration and Leadership, 02(2), 94–106.

Muttaqin, H. P. S., Sariyasa, & Suarni, N. K. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android pada mata pelajaran ipa untuk siswa kelas VI SD program studi pendidikan dasar universitas pendidikan ganesha. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 1–15.

Nugroho, F., & Arrosyad, M. I. (2021). Learning multimedia development using articulate storyline for students. International Journal of Elementary Education, 4(4), 575–579. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/27763

Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual pada materi koloid untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 07(01), 9–15. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.13293

Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif macromedia flash 8 pada pembelajaran tematik tema pengalamanku. Journal International Journal of Elementary Education, 3(2), 178–185.

Rofiqoh, I., Puspitasari, D., & Nursaidah, Z. (2020). Pengembangan game math space adventure sebagai media pembelajaran pada materi pecahan di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 41–54. https://doi.org/10.36706/jls.v2i1.11445

Safira, A. D., Sarifah, I., & Sekaringtyas, T. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web articulate storyline pada pembelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 237–253. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1109

Saputri, D. Y., Rukayah, & Indriayu, M. (2018). Need assessment of interactive multimedia based on game in elementary school: a challenge into learning in 21st century. International Journal of Educational Research Review, 3(3), 1–8. https://doi.org/10.24331/ijere.411329

Sudargini, Y., & Purwanto, A. (2020). Development of distance learning during the pandemic period using the android application (e-sabaky) in physics subjects at SMA Negeri 1 Pati. International Journal of Social and Management Studies (Ijosmas), 02(05), 54–60.

Syani, M., & Hartanto, A. (2021). Aplikasi Multimedia Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Mobile (Studi Kasus Slbn-a Citeureup Cimahi). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 190–200. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.202

Widiastika, M. A., Hendracipta, N., & Syachruroji, A. (2021). Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis android pada konsep sistem peredaran darah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 47–63.

Zulkarnain, A. D., & Jatmikowati, T. E. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbantpuan adobe flash CS6 berbasis. Jurnal Gammath, 3(1), 49–57.

Downloads

Published

2022-07-01