Hubungan Bermain Game Online Terhadap Motivasi Belajar Agama Di Kelas IX SMP Unklab

Authors

  • Juwinner Dedy Kasingku Universitas Klabat
  • Harold Mononutu Universitas Klabat

DOI:

https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss3.170

Keywords:

Motivasi belajar agama, Game online

Abstract

Penelitian ini adalah penelititian kuantitatif yang bersifat deskriptif dan korelatif, Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahi apakah ada hubungan antara bermain game online dan motivasi belajar mata pelajaran agama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat kebiasaan bermain game online oleh siswa kelas IX SMP Advent unklab adalah mendapatkan hasil mean score = 3.02 yang berarti tingkat kebiasaan sedang. (2) tingkat motivasi belajar pada mata pelajaran agama adalah mendapatkan mean score = 3.76 yang berarti tingkat motivasi belajar mata pelajaran agama adalah tinggi. (3) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara bermain game online dan motivasi belajar agama karena setelah di uji statistic menggunakan spearman’s Rho correlation didapatkan adalah nilai p = 0.48.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azni, F. (2017). Pengaruh Bermain Game Online Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak. Kolokium, 5(2), 110-121.

Gumilar, I., Sunarsi, D. (2020). Comparison of financial performance in banking with high and low car (Study of banks approved in the Kompas 100 index for 2013-2017). International Journal of Psychosocial Rehabilitation. Volume 24 - Issue 7

Harsan, A. (2011). Jago Bikin: Game Online. MediaKita.

Henry, S. (2010). Cerdas dengan Game. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Imanuel, N. (2009). Gambaran profil kepribadian pada remaja yang kecanduan game online dan yangt tidak kecanduan game online. (naskah publikasi): Fakultas Psikologi UI.

Lestari, R. (2016). Pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan kelas XI AP SMK Swasta Budisatrya Medan tahun pembelajaran 2015/2016.

Makmun, A. S. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya offset.

Nashar, H. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal Dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press

Sundara, K, Hafsah Hafsah, and Nasar, M. A. (2020). "Pengaruh Negatif Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMKN 1 Narmada." CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 8.2: 84-90.

Suryanto, R. N. (2015). Dampak Positif dan Negatif Permainan Game Online Di Kalangan Pelajar. Jurnal Online Mahasiswa Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2(2), 1-15

Yee, N. (2006). Motivations for Play in Online Games. CyberPsychology & Behavior, Vol. 9 No. 6, pp. 772-774.

Downloads

Published

2022-07-18