Studi Jenis dan Kerapatan Ikan Familia Cichlidae Sebagai Handout Biologi SMA

Authors

  • Ahmad Fazri Haekal Universitas Lambung Mangkurat
  • Bunda Halang Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Zaini Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.57218/jupeis.Vol1.Iss1.24

Keywords:

Kerapatan , Famili Cichlidae, Sungai Beringin Kencana, Handout, Validitas

Abstract

Tujuan penelitian menentukan jenis dan kerapatan ikan famili Cichlidae yang ditemukan di Sungai Beringin Kencana Kecamatan Tabunganen dengan (1) mendeskripsikan validitas bahan ajar (handout) yang disusun berdasarkan data jenis dan kerapatan ikan famili Cichlidae sebagai penunjang konsep keanekaragaman hayati dan (2) mendeskripsikan uji keterbacaan yaitu pada 5 orang Siswa SMA 1 Tamban kelas XI IPA, yang telah menempuh materi Keanekaragaman Hayati di Kelas X dengan nilai mencapai KKM. Jenis penelitian yakni penelitian dan pengembangan (R & D) dengan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Penelitian menggunakan 5 tahapan saja, yakni penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal atau draft, pengujian lapangan awal, dan revisi utama. Penelitian ini mengembangkan handout untuk materi pengayaan Biologi SMA Kelas X di SMA 1 Tamban. Hasil penelitian deskriptif yang didapatkan dua jenis ikan dari famili Cichlidae yaitu ikan mujair (Oreochromis mossambicus) dan ikan nila (Oreochromis niloticus). Kerapatan famili Cichlidae yang ditemukan di daerah penelitian dalam dua hari pengamatan dengan angka kerapatan ikan mujair tertinggi pada wilayah vegetasi 1,62 ind/titik sedangkan pada wilayah pemukiman yaitu 1,07 ind/titik dan kerapatan ikan nila pada wilayah vegetasi 0,83 ind/titik sedangkan angka kerapatan terendah pada wilayah pemukiman yaitu 0,65 ind/titik. Penilaian validitas handout yang dikembangkan dinyatakan sangat valid berdasarkan 3 validator dengan total rata-rata 94,16% sesuai pada isi, aspek penyajian, dan aspek bahasa. Penilaian uji keterbacaan dari 5 siswa didapatan hasil skor 90,5 % dengan kriteria sangat baik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyii, F . (2013). Pengembangan Bahan Ajar TIK SMP Mengacu pada Pembelajaran Berbasis Proyek Invotec. Jakarta.

Akbarr, S. (2013) Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Penerbit Rosda Karya.

Alimah, S. (2019). Kearifan Lokal dalam Inovasi Pembelajaran Biologi: Strategi Membangun Anak Indonesia yang Literate dan Berkarakter untuk Konservasi Alam. Jurnal Pendidikan Hayati 5(1): 1-9.

Borg & Gall. (1983). Educational Research: An Introduction, Fifth (5) Edition. New York: Longman.

Kordi, H. (2004). Penanggulangan Hama dan Penyakit Ikan. PT Rineka Cipta : Jakarta.

Lepiyanto, dkk. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual. Bioedukasi, Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro. 6 : 22- 29.

Odum, p. Eugene. (1993). Dasar-dasar Ekologi. Edisi Ketiga (terjemahan) UGM Press: Yogyakarta.

Rahmawati, A. (2017). Kajian Struktur Populasi Tumbuhan Rukam (Flacourtia rukam) di Kawasan Tepian Sungai Maluka Desa Pandahan Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut Sebagai Materi Penunjang Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan. Skripsi Sarjana. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin.

Sucipto, A. (2007). Pembenihan Ikan Nila Balai Budidaya Air Tawar. Sukabumi.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan (R&D). Alfabeta: Bandung.

Supriyadi,H., Sugiani, D. U. dan Purwaningsih.2003. Peningkatan Kekebalan Specifik Anti Streptoccocus Pada Budidaya Ikan Nila. Jurnal Penilitian Perikanan Indonesia. Voloume 9.No 4. Hlm 29-40

Susmida, Ana. (2016). Jenis Dan Kerapatan Ikan Lais Di Kawasan Rawa Desa Hakurung Dalam Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Skripsi). PMIPA FKIP ULM: Banjarmasin.

Downloads

Published

2022-01-27