Rancang Bangun Aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Web Di SMA IT Miftahul Huda Bojongasih

Authors

  • Gian Ramdani Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Sulidar Fitri Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Alfadl Habibie Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Keywords:

Aplikasi berbasis web, PPDB online, Model waterfall

Abstract

Saat ini sekolah merupakan salah satu instansi yang perlu menyajikan informasi-informasi, tidak hanya secara manual tetapi juga secara online. Terutama dalam merekrut calon Peserta Didik Baru atau sering disebut dengan istilah PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru). PPDB saat ini sering sekali dilaksanakan secara online. Penelitian ini menggunakan metode waterfall, aplikasi dirancang dengan menggunakan model waterfall, model waterfall terdiri dari lima tahapan dari mulai analisis kebutuhan, desain, coding, pengujian dan pemeliharaan. Rancangan sistem menggunakan PHP (Hypertext Preprocessor), Mysql, UML (Unified Modeling Language). Pengujian pada aplikasi PPDB online berbasis Web menggunakan black box testing. Aplikasi PPDB diuji validasi oleh ahli media Rekayasa Perangkat Lunak dan komunikasi visual skor yang diperoleh sebesar 83,6% dan diujikan oleh admin yang terdiri dari 4 tim PPDB SMA IT Mifathul huda memperoleh skor rata-rata sebesar 82,68%. Dapat disimpulkan dari hasil yang diperoleh ada pada kategori sangat baik atau layak untuk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fajri, Muhammad, D., Wirentake., & Julkarnain, M. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Web Di Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan Paracendekia Nahdlatul Wathan Sumbawa. Jurnal JINTEKS Vol. 2 No. 1.

Lumbanraja, D, Harmonvikler. (2018). Perancangan Sistem Informasi Akademik Online Menggunakan Black Box Testing Pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surya Nusantara. Jurnal Teika, Volume 8, Nomor 2, Oktober 2018.

Nafiah, Jumino, (2019). Efektifitas Brosur Sebagai Media Pendidikan Pemakai Untuk Meningkatkan Pengetahuan Temtang Perpustakaan Di SMA Negeri 3 Semarang, Jurnal Ilmu Perpustakaan, Vol 8 No.4 249-259.

Ponidi., & Fitrajaya, Sandy. (2015). Perancangan Sistem Informasi Pendataan Penduduk Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall Pada Kecamatan Gadingrejo. Jurnal Tam (Technology Acceptance Model) Volume 4 Juli 2015.

Ridwan, Muhammad., Arifin, Zainal., & Yulianto. (2016). Rancang Bangun E-Voting Dengan Menggunakan Keamanan Algoritma Rivest Shamir Adleman (Rsa) Berbasis Web (Studi Kasus : Pemilihan Ketua Bem Fmipa). Jurnal Informatika Mulawarman Vol. 11, No. 2.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Widodo, Pulla., & Elisawati. (2017). Penjadwalan Mubaligh Online Pada Persatuan Mubaligh Dumai (PMD) Kota Dumai. Jurnal Informatika, Manajemen dan Komputer, Vol. 9 No. 2.

Widyawati, Efy., dan Kurniawan, Ari. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Kependudukan Berbasis Web Di Desa Kedungrejo Waru-Sidoarjo. Jurnal Manajemen Informatika. Volume 6 Nomor 1.

Downloads

Published

2022-11-02