Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Problem Based Learning Konsep Ekologi Di SMA

Authors

  • Ayu Mursita Universitas Lambung Mangkurat
  • Noorhidayati Noorhidayati Universitas Lambung Mangkurat
  • Aminuddin Prahatama Putra Universitas Lambung Mangkurat

Keywords:

Ekologi, E-LKPD, Problem Based Learning

Abstract

Keterampilan Abad 21 berfokus pada pelatihan siswa berkinerja tinggi sesuai dengan kurikulum 2013 yang  dirancang untuk mendorong pola belajar siswa yang kritis. Upaya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dapat dilakukan dengan membekali mereka dengan perangkat pembelajaran yang memenuhi syarat Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Salah satu materi yang dapat dipilih adalah E-LKPD yang berbasis problem based learning dengan konsep ekologi. E-LKPD ini dibuat dengan menggambarkan contoh-contoh masalah kehidupan sehari-hari, termasuk masalah lingkungan yang mempengaruhi ekosistem dan keanekaragaman hayati. E-LKPD merupakan suatu bentuk penyajian materi yang disusun secara sistematis ke dalam satuan-satuan kajian tertentu yang disajikan dalam bentuk elektronik. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep ekologi E-LKPD berbasis PBL  di SMA  meliputi kesesuaian, kelayakan, keterbacaan siswa, dan respon siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model 4D. Hasil pengembangan E-LKPD berbasis PBL berbasis konsep ekologi SMA memiliki persentase  84,44%,  persentase kelayakan  83,33%,  persentase keterbacaan  95,56%, dan  persentase respon siswa meningkat 94,92%. Penilaian termasuk  dalam kriteria sangat wajar dan layak digunakan dalam proses pembelajaran serta sangat baik dibaca dan responsif terhadap siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Anggereini, E., & Irawan, M. P. (2016). Pengaruh Pengetahuan tentang Konsep Ekologi dalam Pembelajaran Lingkungan Outdoor dan Indoor Terhadap Perilaku Berwawasan Lingkungan Siswa. Edu-Sains, Universitas Jambi, 5.

Haqsari, R. (2014). Pengembangan dan Analisis E-LKPD(Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik) Berbasisis Multimedia pada Materi Mengoperasikan Software Spreadsheet. Skripsi. Program Studi Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta.

Himala, S. P. T., Ibrahim, M., & Fitrihidajati, H. (2016). Keterbacaan Teks Buku Ajar Berbasis Aktivitas pada Materi Ruang Lingkup Biologi Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 5(3), 445-448.

Lestari, L., Nasir, M., & Jayanti, M. I. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Sanggar. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(4).

Millah, E. S., Budipramana, L. S., & Isnawati. (2012). Pengembangan Buku Ajar Materi Bioteklogi Di Kelas XII SMA IPIEMS Surabaya Berorientasi Sains, Teknologi, Lingkungan, Dan Masyarakat (SETS). Jurnal BioEdu, 1(1), 19-24. Diakses dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: DIVA Press.

Putra, Aminuddin Prahatama. (2019). Pendidikan Biologi dan Interpreneur (Cet.I). ISBN 978-623-7688- 01-3. Yogyakarta: Phoenix Publisher.

Qodriyah, L. (2019). Kelayakan Bahan Ajar pada Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 yang Disusun Oleh Pendidik SMA Kelas XI di Kabupaten Demak. Skripsi, Universitas Negeri Semarang. Diakses melalui https://lib.unnes.ac.id/33748/

Setyaningsih, E., Sunandar, A., & Setiadi, A. E. (2019). Pengembangan Media Ajar Berbasis Potensi Lokal Kalimantan Barat pada Materi Keanekaragaman Hayati pada Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. Jurnal Pedagogi Hayati, 3(1), 44-52.

Taufiq, & Basir, F. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Seminar Nasional, Universitas Negeri Surabaya, 03, 206–211.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. National Center for Improvement Educational System.

Downloads

Published

2022-11-02