Pengaruh Inovasi Terhadap Kualitas Layanan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado

Authors

  • Sicilia Selvy Panelewen Politeknik Negeri Manado
  • Endah Pangestuti Haryono Politeknik Negeri Manado
  • Rolina Emmy Manggopa Politeknik Negeri Manado
  • Heidy Pesik Politeknik Negeri Manado

Keywords:

Inovasi, Kualitas, Layanan

Abstract

Inovasi di sektor publik adalah salah satu jalan atau bahkan merupakan jembatan untuk mengatasi kekurangan dan kebuntuan yang ada diorganisasi sektor publik. Dengan demikian sektor publik dapat menjadi sektor yang dapat mengakomodasi dan merespon secara cepat setiap perubahan yang terjadi. Kemudahan akses dan keterbukaan informasi akan sangat membantu dan memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi dan mengurus keperluannya dengan apparat penyelenggara dalam hal ini petugas imigrasi. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado Teling Atas Kecamatan Wanea Kota Manado. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi yang diterapkan oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado dapat membantu pemohon paspor dalam pengajuan pembuatan paspor dan bagaimana pengaruhnya terhadap kualitas layanan yang ada.Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei yaitu dengan cara mengumpulkan data dan informasi dari responden dengan menggunakan kuesioner. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari satu variabel bebas (Independent Variable) dan satu variabel terikat (Dependent Variable). Variabel bebas tersebut adalah Pengaruh Inovasi (X) dan variabel terikat adalah Kualitas Layanan (Y).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, R., Damelina. B.T., Yoseva.M.P.S. (2021). Pengaruh Inovasi Produk dan Product Knowledge terhadap Brand Awareness Letterpress.Co. Performa : Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. Volume 6, Nomor 2, Juni.

Haryono, S. (2016). “Pengaruh Kedisiplinan Siswa dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi”. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3 (3),261-274.

Hidayat, R., & Yuliana. (2018). “Pengaruh Harga dan Inovasi Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan” (Studi Kasus Elzatta Pada Generasi Milenial Tahun 2018). Study : Elzatta On Millenial Generation. 4(3), 1092-1099.

Indahyani, N.,Putri,A., Saroh,S., & Zunaida. (2020). “Pengaruh Inovasi Produk”, Word of Mouth, dan Mobile Marketing Terhadap Brand Awaraness. 9(2), 192-200.

Sejati, B.S.A. (2016). ”Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks”. Jurnai Ilmu Dan Risert Manajemen ISSN: 2461-0593, 5(3), 1-19.

Downloads

Published

2022-11-23