Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran IPS Di SMPN 9 Kubung

Authors

  • Desi Rahmatika Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Muriani Muriani Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Merika Setiawati Universitas Mahaputra Muhammad Yamin

Keywords:

Peran guru, Motivasi, Kurikulum merdeka

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran seorang guru dalam memberikan motivasi dalam penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPS  yang baik bagi siswa. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan metode wawancara. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Dalam penelitian ini terdapat landasan teori yang dapat menjadi pedoman agar terfokus pada penelitian yang sesuai dengan fakta yang ada dilapangan.Penelitian ini dilakukan di SMPN 9 Kubung dengan menjadikan  beberapa guru menjadi subjek penelitian. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran seorang guru dalam memberikan pembelajaran ips dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran ips. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran seorang guru sebagai pengajar sudah terlaksana dengan baik dalam memberikan ilmu atau pengajaran dengan baik. Motivasi belajar seorang siswa dalam menghadapi tugas , menghadapi kesulitan dan belajar mandiri sudah terlaksana dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alsubaie, Maerfat Ayesh. (2016). Teacher Involvement in Curriculum Development. Journal of Education and Practice 7 (9): 106–7.

Dhani, R. R. (2020). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 45-50.

Koesema, E., Roy, A., Paciaroni, N. G., Coito, C., Tokmina Roszyk, M., & Kodadek, T. (2022). Synthesis and Screening of a DNA Encoded Library of Non Peptidic Macrocycles. Angewandte Chemie, 134(18), e202116999.

Mulyasa, H. E. (2010). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah, PT Bumi Aksara, Jakarta.

Priatma, J. E. (2020). Merdeka Berpikir. KOMPAS 6 Pebruari, 6.

Rahmatika, Desi, Merika Setiawati, Pendidikan Ekonomi, Universitas Mahaputra, and Muhammad Yamin. (2022). Peran Guru Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMPN 7 Kubung. Journal Papeda 4 (2): 132–38.

Saleh, M. (2020, May). Merdeka belajar di tengah pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Hardiknas (Vol. 1, pp. 51-56).

Suparno, S. (2010). Pengembangan Model Modifikasi Perilaku Sosial Melalui Media Belajar Berkonsep Konvergensi Bagi Anak Autis. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 40(2).

Suryaman, M., Musfiroh, T., & Purbani, W. (2020). Kurikulum Pendidikan Bahasa Dalam Perspektif Inovasi Pembelajaran. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1).

Sukatin, S., & Pahmi, P. (2020). Kurikulum Sebagai Ujung Tombak Pendidikan Dalam Mempersiapkan Generasi Bangsa. Jurnal Contemplate, 1(01).

WR Fahira, M. Putri, M. Setiawati. (2022). Hubungan Pola Berfikir Siswa Kelas 8 Terhadap Prestasi Belajar Dalam Mata Pelajaran IPS Di SMPN 3 Kota Solok” 3 (2): 151–59.

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan pendidikan merdeka belajar (telaah metode pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1).

Downloads

Published

2022-11-23