Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flip Pdf Professional Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas XI SMA

Authors

  • R.Roro Rastrani Rahada Putri Universitas Lambung Mangkurat
  • Kaspul Kaspul Universitas Lambung Mangkurat
  • M. Arsyad Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss2.46

Keywords:

Media pembelajaran, Modul elektronik, Flip PDF professional

Abstract

Media pembelajaran modul elektronik (e-modul) merupakan media pembelajaran berbasis Flip PDF Professional yang dilengkapi dengan tampilan menarik seperti buku elektronik. Media ini sesuai dengan kurikulum 2013 yang mengoptimalisasikan teknologi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk menghasilkan media pembelajaran modul elektronik (e-modul) yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model 4-D  modifikasi S. Thiagarajan, dkk. Model pengembangn 4-D terdiri atas 4 tahap utama yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran) yang pada penelitian ini dilakukan hanya hingga tahap tiga yaitu Develop (Pengembangan). Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang ahli dan 12 peserta didik kelas XI SMAN 7 Banjarmasin. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli untuk menguji kevalidan dan lembar respon peserta didik untuk menguji kepraktisan. Analisis data validitas berdasarkan kategori Akbar (2013) dan kepraktisan berdasarkan kategori Akbar & Sriwiyana (2010). Hasil yang diperoleh dari penelitian ialah media pembelajaran modul elektronik (e-modul) berbasis Flip PDF Professional memperoleh nilai validitas 89,33% dan kepraktisan 92,39%. Sehingga didapatkan kesimpulan bahwa validitas dan kepraktisan media pembelajaran modul elektronik (e-modul) berbasis Flip PDF Professional yang dikembangkan termasuk kategori sangat valid dan sangat praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT RemajaRosdakarya.

Akbar, S., & Sriwiyana, H. (2011). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Cipta Media.

BSNP. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Di Abad 21. Jakarta: BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan).

Fadhilah, N. (2016). Evaluasi Ketepatan Pemilihan Media Pembelajaran yang digunakan Guru Pada Kelas VII Dan VIII SMP Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Jurnal Mahapeserta didik Teknologi Pendidikan. 7(2): 3-4.Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Flip pdf professional. (2020). Diakses melalui flipbuilder.com pada tanggal 20 Oktober 2020.

Hafiz, M. (2013). Research and Development: Penelitian di Bidang Pendidikan yang Inovatif, Produktif dan Bermakna. Jurnal Ta'dib. 16(1): 28-43.Padang: Universitas Negeri Padang.

Hidayati, N. (2013). Respon Guru dan Peserta didik Terhadap Permainan Bolavoli yang Dilakukan dengan Pendekatan Modifikasi (Pada Peserta didik Kelas V SDN Wateswinangun I Sambeng-Lamongan). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. 1(1): 104-106.Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Hilmi, H. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Lantanida. 4(2): 128-135.Banda Aceh:Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Jusniar, Side, S., & Anwar, M. (2014). Pengembangan Perangkat Assesment Berbasis Keterampilan Generik Sains (KGS) pada Mata Kuliah Praktikum Kimia Fisika II. Jurnal Pendidikan Kimia. 1(1): 35-42.Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Lindayanti. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantukan Media Roda Putar Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Peserta didikKelas IX Pada Materi Sistem Gerak SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung.Skripsi. Lampung: IAIN Raden Intan .

Munawaroh, Hayatun. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kvisoft pada Materi Ekosistem untuk Memberdayakan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik Kelas X SMA. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Nasution. (2005). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nisak, F. (2017). Pengembangan Permainan Question Wheel Sebagai Media Pembelajaran Untuk Melatih Keaktifan Menjawab Dan Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Konsep Jamur.Jurnal Bioedu. 5(3): 271-276.Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Nurrita, Teni. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat. 03(01): 171-184.

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan.8(1): 19-23.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Riandi. (2017). Media Pembelajaran Biologi. Diakses melalui http://rep ository .upi.edu.ac.id. Pada tanggal 24 Desember 2020.

Sanjaya, Wina. (2015). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Prenadamedia Group.

Supranoto, H. (2018). Pengembangan Soal HOTS Berbasis Permainan Ular Tangga pada Mata Kuliah Telaah Ekonomi SMA. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro 06(01): 103-110.

Thiagarajan, S., Semmel, D., & Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Minnesota: Central for Innovation on Teaching the Handicaped.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Utama, C., Kentjananingsih, S., & Rahayu, Y. (2014). Penerapan Media Pembelajaran Biologi SMA dengan Menggunakan Modeldirect Instruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Pena Sains. 1(1): 29-40. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Downloads

Published

2022-03-07