Kinerja Pemerintah Desa Dalam Pemenuhan Kebutuhan Dasar Desa Waiheru Kecamatan Baguala Kota Ambon

Authors

  • Syech Rizky Dahlan Universitas Pattimura Ambon
  • Normanwati Normanwati Universitas Pattimura Ambon
  • Irene Sosiawaty Ponto Universitas Pattimura Ambon

DOI:

https://doi.org/10.57218/jupeis.Vol2.Iss4.861

Keywords:

Kinerja pemerintah, Pelayanan publik

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan gambaran mengenai Kinerja Pemerintah Desa Waiheru dalam Pemenuhan Kebutuhan Dasar Desa Waiheru Kecamatan Baguala Kota Ambon. Informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang yang penentuanya menggunakan teknik Aksidental, dan Purposive.Teknik pengumpulan data yang digunakan  berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi serta teknik analisis menggunakan model analisis interaktif dari Miles dan Huberman yaitu mengadakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kinerja Pemerintah Desa Dalam Pemenuhan Kebutuhan Dasar Desa Waiheru telah terlaksana dengan baik, dalam hal ini pemenuhan kebutuhan dasar yang menjadi kebutuhan masyarakat Desa Waiheru ada tiga yakni: Pengembangan Pos Kesehatan dan Polindes Pemerintah Desa Waiheru, Pengelolaan dan Pembinaan Posyandu Desa Waiheru, Pembinaan dan Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mangkunegara, Anwar. P. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Cetakan Kelima, Rosdakarya, Bandung.

Prawirosentono, Suyadi. (2009). Kebijaksanaan Kinerja Karyawan (Kiat Membangun Organisasi Kompetitif Menjalang Perdagangan Bebas Dunia), BPFE, Jakarta.

Simamora, Henry. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edis Ke-2, Cetakan Ke-2, STIE YKPN, Jogjakarta.

Supriyanto, Eko dan Sugiyanti, Sri (2004) Operasionalisasi Pelayanan Prima, Lembaga Administrasi Negara RI, Jakarta.

Umar, Husein (2001). Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Gramedia Pustaka, Jakarta.UU. No. 6 tahun 2014 tentang Desa.

Downloads

Published

2023-11-15