Penyuluhan Sanitasi Lingkungan Sebagai Upaya Peningkatan PHBS Masyarakat Dalam Mengatasi Dampak Terjadinya Bencana Banjir Kabupaten Pangkep 2022

Authors

  • Asni Hasanuddin Universitas Indonesia Timur
  • Dita Ellyana Artha Universitas Indonesia Timur
  • Andi Haslinah Universitas Islam Makassar
  • Ardiansah Hasin Universitas Indonesia Timur

DOI:

https://doi.org/10.55784/jompaabdi.v1i3.211

Keywords:

Sanitasi dasar, Tempat pembuangan sampah

Abstract

Kondisi kesehatan di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan tidak bisa dilepaskan dari Perilaku masyarakat yang belum sesuai dengan pola hidup bersih dan sehat memberi andil pada rendahnya derajat kesehatan masyarakat. Pada dasarnya penyakit yang terjadi pada masyarakat bisa di cegah bila masyarakat secara sadar dan mau menerapkan pola hidup sehat serta menjaga lingkungannya agar tetap bersih dan sehat (BPS Pangkajene dan Kepulauan 2020).Permasalahan yang yang mencuat di wilayah kabupaten Pangkajene dan Kepulauan adalah saat musim hujan terjadi banjir yang membuat rumah penduduk tergenang air hingga masuk rumah, hal ini disebabkan masyarakat yang berada di bantaran sungai Kecamatan Pangkajene membuang sampahnya di saluran pembuangan air dan sungai. Pemerintah setempat sudah menghimbau untuk menyiapkan tempat sampah di depan rumah agar mobil pengangkut sampah bisa mengangkut dan membuangnya di tempat pembuangan limbah. Pihak puskesmas juga sudah melakukan Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat namun masyarakat masih enggan untuk menyiapkan tempat sampah dengan alasan bahwa mobil pengangkut sampah hanya datang sekali dalam seminggu. Berangkat dari permasalahan tersebut maka kami dari institusi Universitas Indonesia Timur dan Adpertisi bermitra dengan pemerintah setempat dalam hal ini pihak Puskesmas Jagong wilayah kampung Balanakang akan memberikan pendidikan sanitasi dasar pada masyarakat dengan cara melakukan Penyuluhan sanitasi dasar.

References

Damanhuri, E. (2001). Minimisasi Sampah Terangkut dan Optimasi TPA. Dalam Workshop Sehari tentang Pengelolaan Sampah di Kawasan Metropolitan, Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah.

Perda. Perda. DIY 3/2013, (2013). Tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga. 2013;(6):201323.

Purwana, R (2013). Manajemen Kedaruratan Kesehatan lingkungan Dalam Kejadian Bencana'. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rachman Arfina. (2011). Gambaran Pengelolaan Sampah di Pasar Sentral Sungguminasa Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa'. Available from: http://repositori.uin-alauddin.ac.id.

Republik Indonesia,, (2008) ‘Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah’, Pp. 1–46. Available At: Https://Pelayanan.Jakarta.Go.Id/Download/Regulasi/Undang-Undang.

Downloads

Published

2022-09-01