Pengaruh Pemberian Ampas Tahu Terhadap Pertumbuhan Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus)

Authors

  • Suci Lestari STKIP Bima
  • Bakhtiar STKIP Bima

Keywords:

Growth of Dumbo Catfish, Tofu Dregs

Abstract

Ikan lele dumbo (Clarias gariepinus) merupakan ikan yang hidup di air tawar, yang masuk ke Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian ampas tahu terhadap pertumbuhan Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus). Penelitian ini dilaksanakan mulai dari tanggal 25 Mei sampai 30 Juni selama 35 hari di Pembudidaya Ikan Lele  di desa Tente Kec Woha. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan empat perlakuan dengan satu sebagai control. Analisis data yang digunakan Sidik Ragam ANSIRA dengan perhitungan Konversi Pakan (FCR), Laju Pertumbuhan Panjang Mutlak, Tingkat kelulusanhidup (SR) dan kualitas air. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh perbedaan yang nyata pada pemberian pakan yang ditambah dengan pemberian ampas tahu terhadap pertumbuhan berat maupun panjang badan ikan lele dumbo. Pakan terbaik terdapat pada perlakuan P3 dengan dosis 20% dengan bobot berat badan 40 gram panjang mutlak yaitu 6,66 cm dan memperoleh nilai konversi terendah diantara perlakuan lainnya yaitu 274.

References

Anshar, K. (2022). Pemanfaatan Limbah Industri Tahu Sebagai Pakan Alternatif Untuk Meningkatkan Produktivitas Peternak Lele. Aptekmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 5(1), 69-74.

Emma Z. 2006. Studi Pembuatan Pakan Ikan dari Campuran Ampas Tahu, Ampas Ikan, Darah Sapi Potong, dan Daun Keladi yang Disesuaikan dengan Standar Mutu Pakan Ikan. Jurnal Sains Kimia. vol 10: 40-45.

Henda, E. (2020). Pengaruh Pemberian Pakan buatan dengan Komposisi Ampas Tahu, Tepung rajungan Dedak dan Progol Terhadap Pertumbuhan Ikan Lele Sangkuriang (Clarias gariepinus)’. Jendela ASWAJA, 1(01), 18-32.

Khoiriyah, D. N. (2019). Pengaruh Pemberian Pakan Alternatif Limbah Ikan Asin dan Tepung Kedelai Terhadap Pertumbuhan Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Rume, M. I., & Yohanista, M. (2020). Peningkatan Laju Pertumbuhan dan Kelulushidupan Benih Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus) Melalui Pemberian Pakan Campuran Usus Ayam dan Ampas Tahu. AQUANIPA-Jurnal Ilmu Kelautan dan Perikanan, 2(1).

Sunu, P. (2020). Aplikasi Pakan Ternak Dari Limbah Ampas Tahu Untuk Peningkatan Budidaya Lele di Desa Sampali, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 1(1), 20-26.

Sukarti, K., Pagoray, H., & Nikhlani, A. (2022). Pemanfaatan Kubis sebagai Bahan Pakan Buatan untuk Pertumbuhan Benih Ikan Lele Mutiara (Clarias gariepinus). Jurnal Perikanan dan Kelautan.

Tei, M. T. D., & Many, A. V. (2022). Pengaruh Pemberian Pakan Campuran Tepung Usus Ayam Dan Ampas Tahu Terhadap Konversi Pakan, Efisiensi Pakan Dan Protein Eficiency Ratio Pada Benih Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus). AQUANIPA-Jurnal Ilmu Kelautan dan Perikanan.

Umidayati, U., Rahardjo, S., & Ilham, I. (2020). Pengaruh Perdedaan Dosis Pakan Organik Terhadap Pertumbuhan Cacing Sutra (Tubifex sp). Sains Akuakultur Tropis: Indonesian Journal of Tropical Aquaculture.

Downloads

Published

2024-01-22