Pengaruh Pendekatan STEAM Berbasis Proyek Mini Rubber Car Tehadap Hasil Belajar Siswa Materi Gaya Pegas
DOI:
https://doi.org/10.57218/jupenji.Vol3.Iss3.1091Keywords:
Hasil belajar, Gaya pegas, STEAMAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh proyek “Mini Rubber Car” terhadap hasil belajar kognitif siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2024 dengan populasi kelas 4B di SDN Lidah Wetan 4 dan melibatkan 16 siswa sebagai sampel. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian quasi-experiment, tepatnya One Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proyek “Mini Rubber Car” memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, dibuktikan dengan uji-t (t test) yang menghasilkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, yang berarti hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa proyek Mini Rubber Car memberikan dampak signifikan terhadap hasil belajar peserta didik.
References
Akbar, R., Weriana, Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Experimental Research Dalam Metodologi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Januari, 2023(2), 465– 474.
Amelia, W., & Marini, A. (2022). urgensi model pembelajaran science, technology, engineering, arts, and math (STEAM) untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 291–298. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1947
Apsari, N., & Sastiawati, S. (2021). Kemampuan Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Ipa Menggunakan Metode Inkuiri. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 37-45.
Azhari, M. T., Al Fajri Bahri, M. P., Asrul, M. S., & Rafida, T. (2023). Metode penelitian kuantitatif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Darmayanti, N. W. S., & Setiawati, N. W. I. (2022). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VI di SD N 1 Cempaga. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (Jppsi), 5(2), 119-127.
Dauly Kaffah, W., Erlin, E., & Rusyana, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Steam Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 4(3), 771–776.
Goo, A. Y., Amus, S., Alanur, S. N., & Septiwiharti, D. (2024). Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa Abad 21 Melalui Keterampilan 4C. An Nafi': Multidisciplinary Science, 1(02), 12-27.
Harahap, M. S., Nasution, F. H., & Nasution, N. F. (2021). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Science Technology Engineering Art Mathematic (Steam) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 1053.
Ilmi, S. A., Ratnawati, R., & Subhan, M. (2021). Pengaruh Pendekatan Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5976–5983. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1839
Khodijah, S., & Mulyaningsih, T. (2023). Penggunaan pendekatan steam (science, technology, engineering, art, and mathematics) terhadap kecerdasan logika matematika anak di tk labschool stai bani saleh kota bekasi. WIldan Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 02 (01), 10 – 26.
Parniati, W. ., Hadi, Y. A. ., Hamdi, Z. ., & Husni, M. . (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis STEAM pada Pembelajaran Tematik Integratif di Kelas IV MI NW Ajan Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6170–6176. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.1925
Pratiwi, N. A. K., Rostikawati, R. T., & Anwar, W. S. (2023). Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Berbasis Science Technology Engineering Art And Mathematics Terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema Kegiatan Berbasis Proyek Dan Literasi. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5931-5944.
Putri, K. D., Krisdiana, I., & Setiyowati, I. (2023). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 1 Cengkok, Ngronggot, Kab. Nganjuk. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3382-3393.
Suganda, Emma. 2021. “Studi Meta Analisis Pendekatan Science, Technology, Engineering, Art And Mathematics (STEAM).” 79.
Suryaningsih, S., & Ainun Nisa, F. . (2021). Kontribusi STEAM Project Based Learning dalam Mengukur Keterampilan Proses Sains dan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(06), 1097–1111. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i06.198
Syaravina, I., Syitah, N., & Safiah, I. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis STEAM terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Transformasi Energi Kelas IV di SDN 36 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 11(1), 22–29. https://doi.org/10.24815/pear.v11i1.31171.