Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 1 Woja
DOI:
https://doi.org/10.57218/jupenji.Vol3.Iss3.1164Keywords:
Hasil belajar, ScrambleAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scramble terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 1 Woja. Model yang digunakan adalah kuantitatif, dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Woja. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik claster random sampling. Kelas XA dipilih sebagai kelompok eksperimen dan kelas XC sebagai kelompok kontrol, masing-masing terdiri dari 30 siswa, intrumen penelitian menggunankan soal test berbentuk esaay. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran scramble pada kelas X SMAN 1 Woja yang berkategori tinggi. hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen mencapai 61,67, dan kelas kontrol mencapai 58,67. Sedangkan rata-rata posttest pada kelas eksperimen mencapai 87,33, dan kelas kontrol mencapai 82,67.
References
Anggraini, A.N dan Suprayitno. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Lengkong 1 Mojokerto. JPGSD, 5(3), 990-1000.
Hayati, Sri. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Jakarta: Graha Cendekia.
Huda, Miftahul. (2018). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Husein, Umar. (2000). Riset Pemasaran Dan Penilaian Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.
Lalu Saparwadi. Pengaruh Cooperative Learning tipe Make-A Match terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan. [Diakses pada 27 Desember 2016]
Ngalimun. (2013). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.