Pengembangan Program Pimpinan Aisyiyah Ranting Karimata, Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember dalam Pelayanan Warga Lansia

Authors

  • Ria Angin Universitas Muhammadiyah Jember
  • Juariyah Juariyah Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.57218/jompaabdi.v3i1.1042

Keywords:

Aisyiyah Karimata, Pelayanan lansia, Pimpinan ranting

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengembangkan upaya filantropis bagi anggota Aisyiyah lanjut usia. Maksud dari programs ini untuk: (1) mengetahui permasalahan anggota lanjut usia; (2) merancang program dibutuhkan lansia; dan (3) implementasi program. Program pelayanan lanjut usia anggota Aisyiyah adalah kegiatan dakwah. Oleh karena itu disarankan agar Pimpinan Ranting Aisyiyah Karimata, Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember berjejaring dan berinteraksi semaksimal mungkin dengan lembaga-lembaga yang berwenang untuk meningkatkan dakwah dengan memberikan pelayanan kepada anggota dan simpatisan. Hasil kegitan ini adalah (1) Memberikan arahan bagaimana seyogyanya memberikan pelayanan kepada lanjut usia. Tim pelaksana kegiatan menekankan pada pentingnya  mengembangkan program pelayanan lanjut usia tidak hanya pemberian santunan yang diselenggarakan secara insidentil yaitu pada saat Hari Raya Idul Fitri dan memperingati Hari Kemerdekaan RI. Pimpinan Ranting Aisyiyah Karimata dan Majelis-majelis yang berkaitan penting untuk  membangun jaringan dengan lembaga-lembaga di luar ranting agar pelayanan kepada lansia bisa dioptimalkan. Lembaga-lembaga di luar ranting misalnya Puskesmas terdekat (Klinik Dr. Suherman) dan Lembaga-lembaga independent yang memiliki kewenangan lainnya (2) Memberikan arahan tentang pentingnya pengembangan program-program kegiatan yang bertujuan memberikan pelayanan kesehatan sekaligus pembinaan kerohanian Islam kepada warga Aisyiyah yang berusia lanjut sesuai dengan visi misi Aisyiyah.

References

Erfandi. (2008). Pengelolaan Posyandu Lansia. Diakses dari http://Puskesmas.com

Abdurrahman, A., & Asymuni, A. (2000). Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Moenir, A. S. (2008). Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia.

Setiti, S. G. (2012). Model Pelayanan Lanjut Usia Berbasis Kekerabatan; Studi Pada Suku Bugis Di Kabupaten Barru Sulawesi Selatan (Model Of Services For Elderly By Community Base; Study In Bugis Tribe, Minicipal Barru, South Sulawesi). Sosio Konsepsia: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, 17(1), 18-31.

Hanim, D. (2004). Pemberdayaan perempuan Lansia untuk peningkatan status gizi, Laporan Penelitian, Surakarta: LPPM UNS

Peraturan Pemerintah RI No. 43 Tahun, 2004 Tentang Pelaksanaan Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial Lnjut Usia

Perawatan Untuk Seorang Lansia, 2023, https://puspa.jakarta.go.id/blog/perawatan-untuk-seorang-lansia.

Downloads

Published

2024-03-20