Penyuluhan Pemanfaatan dan Penggunaan Tanaman Laktagogue Pada Ibu Menyusui Di Desa Binaan ASI Wilayah Kerja Puskesmas Karang Anyar Lampung Selatan

Authors

  • Sudarmi Sudarmi Poltekkes Tanjungkarang, Bandar Lampung
  • Warjidin Aliyanto Poltekkes Tanjungkarang, Bandar Lampung
  • Nurlaila Nurlaila Poltekkes Tanjungkarang, Bandar Lampung
  • Indah Trianingsih Poltekkes Tanjungkarang, Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.57218/jompaabdi.v3i1.1038

Keywords:

ASI ekslusif, Ibu menyusui, Laktagogue

Abstract

Pemberian ASI secara ekslusif kepada bayi sejak lahir sampai berusia 6 bulan dan meneruskan pemberian ASI sampai anak berusia dua tahun atau lebih termasuk dalam Resolusi World Health Assembly (WHA) No: 55.25 tahun2002 tentang Global Strategy on Infant and Young Child Feeding. Oleh karena itu dengan pengetahuan yang baik mengenai pemanfaatan dan penggunaan tanaman laktagogue pada ibu diharapkan dapat meningkatkan kualiatas dan kuantitas ASI yang pada akhirnya mempengaruhi kecukupan gizi pada bayi dan anak. Pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan pengetahuan pada Ibu Menyususi di Desa Binaan Tangguh ASI untuk dapat memanfaatkan penggunaan tanaman laktagogue dalam menunjang pemberian ASI Ekslusif. Metode yang digunakan meliputi penyuluhan tentang pemanfaatan dan penggunaan tanaman laktagogue. Hasil yang didapatkan adalah meningkatnya pengetahuan ibu menyusui tentang pemanfaatan dan penggunaan tanaman laktagogue untuk menunjang pemberian ASI Ekslusif. Diharapkan kegiatan serupa dapat terus dilakukan secara berkesinambungan sehingga pengetahuan masyarakat mengenai ASI Ekslusif khususnya ibu menyusui dapat meningkat, ibu dapat memanfaatkan tanaman laktagoue disekitarnya untuk menunjang pemberian ASI EKslusif.

References

Durjati, S, dkk (2021). Managemen Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI), Program Perempuan Pintar, Jakarta: Annida Global Indonesia.

FB. Monica (2014). Buku Pintar ASI dan Menyusui, Jakarta: NouraBook

Kemenkes RI (2007). Panduan Peserta Pelatihan Konseling Menyusui, Jakarta

___________(2014). Modul Pelatihan Konseling Pemberian Makan Bayi dan Anak, COE Kebidanan TanjungKarang

Perinasia (2011). Pogram Manajemen Laktasi. Perkumpulan Perinatologi Indonesia, Jakarta

Roesli, Utami (2015). Mengenal ASI Ekslusif. Jakarta. Trubus Agriwidya

Suradi R dkk (2010). Indonesia Menyusui. Jakarta: Balai Penerbit IDAI

World Health Organization, UNICEF(2009). Breastfeeding counselling. A training course. Geneva.

Downloads

Published

2024-03-04