Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Dan Pencegahan Stunting Di Pondok Pesantren Sunan Muria Darul Falah Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan

Authors

  • Roza Mulyani Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang, Bandar Lampung
  • Sutrio Sutrio Poltekkes Kemenkes Tanjung Karang, Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.57218/jompaabdi.v1i4.302

Keywords:

Stunting, PHBS, Sosialisasi

Abstract

Upaya pencegahan stunting bukan saja tanggung jawab institusi kesehatan saja, tetapi keberhasilan upaya tersebut tidak terlepas dari kerjasama lintas sektor. Pesantren merupakan salah satunya Lembaga Pendidikan keagamaan yang bisa diberdayakan. Pesantren dapat menjadi fondasi yang kuat bagi penggalakan gerakan masyarakat hidup sehat terutama bagi santri dan pengurusnya. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah terlaksananya kegiatan Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dan Stunting di Pesantren Sunan Muria Darul Falah Kecamatan Baradatu. Metode pelaksanaan dengan Sosialisasi di Pesantren kepada 28 santriwati serta pengurus pesantren. Pelaksanaan pada tanggal 8 Maret 2022 di Pondok Pesantren Sunan Muria Darul Falah Kecamatan Baradatu. Hasil yang diperoleh dari kegiatan sosialisasi ini adalah terjalinnya kerjasama antara Poltekkes Kemenkes Tanjung Karang dengan Pesantren Sunan Muria Darul Falah Kecamatan Baradatu dalam rangka pembentukan Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren) dan pembinaan pesantren.

References

Fatmawati, T. Y., & Saputra, N. E. (2016). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Santri Pondok Pesantren As' ad dan Pondok Pesantren Al Hidayah. Jurnal psikologi jambi, 1(1), 4-4.

Kemenkes, R. I. (2018). Hasil utama RISKESDAS 2018. Jakarta: Kemenkes RI.

Kemenkes, R. I. (2011). Pedoman pembinaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Qomaruddin, M. B., Siswantara, P., & Muthmainnah, R. D. R. (2020). Blended Learning Kader Dakwah Sehat Dalam Upaya Pencegahan Stunting Sebagai Aplikasi Adaptasi Kebiasaan Baru Di Pondok Pesantren. Semnas.Poltekkesdepkes-Sby.Ac.Id (pp. 1–5). Surabaya: Poltekkes Kemenkes Surabaya.

Sofia, H., & Susilo, T. (2020). Pesantren dan awal gerakan masyarakat hidup sehat.

Supit, V. (2019). Pesantren Sehat, Upaya Kemenkes Mengedukasi dan Mendorong Penerapan Hidup Sehat. infonawacita. com. Retrieved October 5, 2020.

Supariasa, I. D. N. (2013). Penilaian Status Gizi. edited by Monica Ester. Jakarta: EGC.

Downloads

Published

2022-12-02