Sosialisasi Pendidikan Seks Pada Anak Sejak Dini Di SDN 30 Kota Bima

Authors

  • ST Nurbayan STKIP Bima
  • Ida Waluyati STKIP Bima
  • Nurnazmi Nurnazmi STKIP Bima
  • Nikman Azmin STKIP Bima
  • Arifuddin Arifuddin STKIP Bima
  • M. Tahir STKIP Bima

DOI:

https://doi.org/10.55784/jompaabdi.Vol1.Iss1.49

Keywords:

Sosialisasi, Pendidikan seks, Anak, Sejak dini

Abstract

Maraknya pelecehan seksual yang terjadi di Kota dan Kabupaten Bima sangat meresahkan masyarakat karena dapat mengintimidasi dan merusak karakter dan secara sikologinya akan terganggu sepanjang perkembangannya. Data kekerasan dan pelecehan seksual sepanjang Tahun 2021 terdapat 14.517," kata Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati dalam diskusi virtual, Rabu (19 Januari 2022). Kemudian di Kelurahan Nitu terdapat 14 anak dibawah umur yang menjadi korban pelecehan seksua. Reskrim Polres Bima Kota IPTU M Rayendra (2021) laporan kasus pelecehan seksual di Bima meningkat tajam pada bulan Juni 2021 di Kelurahan Nitu Kota Bima terdapat belasan siswi yang diduga dilecehkan dan dari hasil visum terdapat empat orang yang mengalami luka dibagian vital. Oleh karena itu perlu dilakukan sosialisasi pendidikan seks pada anak sejak dini dengan tujuan agar anak-anak manpu menjaga dirinya dan dapat menjaga otonomi tubuh mereka. Sasaran kegiatan ini adalah anak-anak yang berumur 11 samapai 12 tahun sebanyak 40 orang yang dibagi menjadi 2 kelompo. Metode yang digunakan terdiri dari 3 tahap yakni tahap awal dilakukan dengan menyusun jadwal, menetapkan tempat, mempersiapkan materi dan membentuk kelompok kegiatan, tahap pelaksanaan melakukan sosialisasi dengan pemberian materi dan tahap evaluasi dengan memberikan kuesioner yang sama seperti pada awal untuk memantau peningkatan pemahaman pendidikan seks sejak dini, otonomi tubuh. Adapun  pencapaian hasil yang diharapkan terlaksananya kegiatan dan adanya peningkatan pemahaman anak untuk menerapkan pendidikan seks dan ketercapaiannya 75% peningkatan dari pertanyaan yang diajukan diawal.

References

Aji, N. A. P., Soesilo, T. D., & Windrawanto, Y. (2018, April). Pelaksanaan pendidikan seks pada anak usia dini oleh orang tua dan guru di TK Pamekar Budi Demak. In Prosiding Seminar Nasional Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Menghadapi Tantangan Global (Vol. 11, pp. 111-117).

Camelia, L., & Nirmala, I. (2017). Penerapan Pendidikan Seks Anak Usia Dini Menurut Perspektif Islam (Upaya Pencegahan kekerasan dan Pelecehan Seksual Terhadap Anak Usia Dini Melalui Penerapan Pendidikan Seks Dalam Perspektif Sunnah Rasul). Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 27-32.

Istiqomah, dkk. (2017) Pendampingan Pendidikan Seks Usia Dini Kepada Orang Tua (Wanita Penerima Program Keluarga Harapan) Seminar Nasional dan gelar produk UMM

Justicia, R. (2017). Pandangan Orang Tua Terkait Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 1(2), 28-37.

Pringsewu, (2016) ProfilPusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan Dan Anak.

Guse Prayudi, (2015) Berbagai Aspek Tindak Pidana Kekerasan Dalam Rumaqh Tangga (Lengkap Dengan Uraian Unsure-Unsur Tindak Pidananya). Majalengka: Merkid Press,

M. Rizkila Rayendra, (2021). Dugaan Pelecehan Seksual, Mantan Kasek SDN 30 Kota Bima Jadi Tersangka, Online, https://lombokpost.jawapos.com/bima-dompu/24/07/2021/dugaan-pelecehan-seksual-mantan-kasek-sdn-30-kota-bima-jadi-tersangka/ (Akses 10 Februari 2022)

Yoga, T. Tursilarini, (2017). Dampak Kekerasan Seksual di Rana Domestik terhadap Keberlagsungan Hidup Anak. Media Informasi Penelitian Kesejahteraan Sosial, Vol. 41, No. 1, April 2017, 77-92.

Downloads

Published

2022-03-07