Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengolahan Sampah Organik di Kelurahan Nitu Kota Bima

Authors

  • Muh. Nasir STKIP Bima
  • Hartatl Hartatl STKIP Bima
  • Nikman Azmin STKIP Bima

DOI:

https://doi.org/10.55784/jompaabdi.Vol1.Iss1.54

Keywords:

Pemberdayaan, Masyarakat, Pengolahan, Sampah organik

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberi pelatihan kepada masyarakat untuk mengolah sampah Organik menjadi kompos yang bernilai ekonomis. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan selama 2 minggu di Kelurahan Nitu Kota Bima, kegiatan ini meliputi persiapan awal kegiatan, yakni analisis situasi dan analisis kebutuhan. Kegiatan di lapangan dilakukan dengan metode sosialisasi dan pelatihan praktek langsung serta pendampingan pengelolaan sampah organik menjadi pupuk organik yang bernilai ekonomis. Tahapan kegiatan ini mencakup teori dan praktek meliputi: (1) Sosialisasi; (2) Pengenalan produk; dan (3) Pembuatan produk (praktek langsung). Hasil Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertema Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengolahan Sampah Organik sangat bermanfaat bagi warga masyarakat Kelurahan Nitu Kota Bima. Kompos cair yang dihasilkan adalah sebanyak 2 Liter, sementara kompos padat yang dihasilkan 3 kg, masyarakat mendapatkan keterampilan dalam mengolah sampah organik menjadi kompos cair dan padat, serta bermanfaat untuk dikembangkan menjadi usaha yang inovatif.  Tingkat pengetahuan warga terhadap pengelolaan sampah secara umum masih relatif kecil,  Untuk  pengalaman warga dalam mengelola sampah sudah cukup baik, Persepsi masyarakat terhadap pengelolaan  sampah  sudah  baik.

References

Dewi, Y.S. 2012. Pengolahan Sampah Skala Rumah Tangga Menggunakan Metode Komposting. Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik LIMIT’S Vol.8, No.2. Jakarta: Universitas Satya Negara Indonesia.

Cundari, L..., Arita, S., Komariah, L. N., Agustina, T. E., & Bahrin, D. (2019). Pelatihan dan pendampingan pengolahan sampah organik menjadi pupuk kompos di desa burai. Jurnal Teknik Kimia, 25(1), 5-12.

Hardiatmi S. (2011). Pendukung Keberhasilan Pengelolaan Sampah Kota. INNOFARM: JURNAL Inovasi Pertanian, 10 (1), 50-66

Mulasari, S. A. (2012). Hubungan tingkat pengetahuan dan sikap terhadap perilaku masyarakat dalam mengelola sampah di dusun padukuhan desa sidokarto kecamatan godean kabupaten sleman yogyakarta. Jurnal Kesmas, 6 (3), 204-211

Nilam S.P. (2016). Analisis Pengelolaan Sampah Padat di Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 10 (2),157-165.

Downloads

Published

2022-03-12