Perilaku Petugas Sampah Dalam Pemakaian Alat Pelindung Diri di TPA Air Dingin Kota Padang

Penulis

  • Gusrianti Gusrianti STIKes Alifah Padang
  • Nailul Nailul STIKes Alifah Padang

DOI:

https://doi.org/10.57218/jkj.Vol1.Iss2.443

Kata Kunci:

Pengetahuan, Sikap, Tindakan, Petugas sampah, APD

Abstrak

Masalah perilaku penggunaan alat pelindung diri pada petugas pengangkut sampah pengangkutan sampah di TPA Air Dingin Kota Padang, Sampah yang diangkut oleh petugas memiliki resiko bahaya yang dapat mengakibatkan kecelakaan bagi petugas pengangkut sampah. Jenis penelitian ini adalah analitik dengan desain cross sectional. Jumlah Sampel sebanyak 68 orang. Hasil penelitian yang didapatkan petugas pengangkut sampah pengetahuan responden dalam penggunaan alat pelindung diri tergolong rendah 51,5%, sikap responden dalam penggunaan alat pelindung diri dengan kategori negatif 61,8%, dan tindakan responden dalam penggunaan alat pelindung diri dengan kategori buruk 72,1%. nilai p-value untuk pengetahuan (p-value = 0,004), sikap (p-value = 0,000), tindakan (p-value= 0,005). Disarankan agar Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang agar memperhatikan tentang pengadaan dan penggunaan alat pelindung diri berupa helm/topi, masker, sarung tangan, sepatu karet, dan pakaian kerja bagi petugas pengangkut sampah.

Referensi

Pengetahuan, Self Awareness Dan Persepsi Dalam Kepatuhan Penggunaan APD (Alat Pelindung Diri) Pada Petugas Sampah Di Tpa Supit Urang Kota Malang (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Ikhwanudin, A. (2013). Perilaku kesehatan santri:(Studi Deskriptif perilaku pemeliharaan kesehatan, pencarian dan penggunaan sistem kesehatan dan perilaku kesehatan lingkungan di Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah, Surabaya). Jurnal Sosial dan Politik, 2(2), 3.

Notoadmodjo S. (2015). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta;

Rimantho, D. (2015). Identifikasi risiko kesehatan dan keselamatan kerja pada pekerja pengumpul sampah manual di jakarta selatan. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 14(1), 1-15.

Undang–Undang No. 1 Tahun 1970. Tentang Keselamatan Kerja dan Pasal–Pasal yang Mengatur Tentang Penggunaan Alat Pelindung Diri.

Untari, R. A., Kamaluddin, M. T., & Dahlan, H. H. (2019). Determinan Penggunaan Alat Pelindung Diri pada Pekerja Pengangkut Sampah di Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Palembang. Jurnal Kesehatan Global, 2(1), 20-27.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-29