Hubungan Self Efficacy Terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswa Tingkat Akhir Dalam Menyusun Skripsi Di STIKes Widyagama Husada Malang

Penulis

  • Muhammad Revan Amrizal Naufalda STIKES Widyagama Husada Malang
  • Miftakhul Ulfa STIKES Widyagama Husada Malang
  • Senditya Indah Mayasari STIKES Widyagama Husada Malang

DOI:

https://doi.org/10.57218/jkj.Vol2.Iss1.689

Kata Kunci:

Kecemasan, Self efficacy, Skripsi

Abstrak

Skripsi merupakan karya tulis ilmiah untuk menilai pengetahuan mahasiswa dalam mengkritisi suatu kejadian yang terjadi secara ilmiah didasarkan dengan ilmu yang didapat sesuai bidang keahliannya. Pada saat menyelesaikan skripsi tidak terlepas dari hambatan dan masalah yang dialami. Hambatan tersebut jika tidak segera ditangani maka bisa saja akan menimbulkan kecemasan. Salah satu cara agar terhindar dari kecemasan adalah dengan bersikap self efficacySelf efficacy ialah keyakinan dalam diri dalam memperkirakan kemampuannya melaksanakan tugas untuk mencapai hasil tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan self efficacy terhadap tingkat kecemasan mahasiswa tingkat akhir dalam menyusun skripsi di STIKes Widyagama Husada Malang. Metode Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Kuesioner yang digunakan untuk mengukur tingkat kecemasan yaitu kuesioner ZSAS (Zung Self-Rating Anxiety Scale) dan untuk mengukur tingkat self efficacy menggunakan kuesioner GSES (General Self Efficacy Scale). Teknik sampling menggunakan purpossive sampling dengan hasil 41 sampel. Analisa data menggunakan uji Sommers,D. Hasil penelitian menunjukkan nilai Sig.000 < 0.05 maka bermakna terdapat hubungan antara self efficacy terhadap tingkat kecemasan mahasiswa tingkat akhir dalam menyusun skripsi di STIKes Widyagama Husada Malang. Nilai koefisien korelasi 0.820 maka terdapat hubungan yang sangat kuat antara kedua variabel.

Referensi

Amir, Z. dan Risnawati. (2016). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Annisa, D. F., & Ifdil, I. (2016). Konsep Kecemasan (Anxiety) pada Lanjut Usia (Lansia). Konselor, 5(2), 93.

Azwar, S. (2016). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hartono, D. R. (2012). Pengaruh self-efficacy (efikasi diri) terhadap tingkat kecemasan mahasiswa fakultas kedokteran universitas sebelas maret.

Hasanah, Ummul, Alizamar Alizamar, Marjohan Marjohan, and Engkizar Engkizar. (2019). The Effect of Self Efficacy and Parent Support on Learning Motivation in Management Business Students in Padang’s Private Vocational School. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (EJournal)

Hastuti, R. Y., Sukandar, A., & Nurhayati, T. (2016). Hubungan tingkat kecemasan dengan kualitas tidur pada mahasiswa yang menyusun skripsi di STIKES Muhammadiyah Klaten. Jurnal Motorik, 11(22), 9–21.

Hidayat, Aziz A. (2013). Kebutuhan dasar Manusia: Aplikasi Konsep Dan Proses Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

Khoirunnisa, K. (2021). Tingkat kecemasan mahasiswa terhadap tugas akhir prodi pai di IAIN Palangka Raya.

Kristianto, P. H., Pm, S., & Setyorini. (2014). Hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan dalam menyusun proposal skripsi. Jurnal Satya Widya, 30(1), 43–48.

Kurbanoglu, N. I., & Akim, A. (2013). The Relationships between University 72 Students’ Chemistry Laboratory Anxiety, Attitudes, and Self-Efficacy Beliefs. Australian Journal of Teacher Education

M. Nur Ghufron & Rini Risnawita, S. (2014). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media. Sarlito

Nurlaila, S. (2017). Pelatihan Efikasi Diri Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Siswa-Siswi Yang Akan Menghadapi Ujian Akhir Nasional. Guidena: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling.

Riskedas. (2013). Riset kesehatan dasar. Jakarta: Badan Pebelitian dan Pebgembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI. http://www.depkes.go.id/resourcesdpwnload/general/Hasil%20Riskesdas%202 013.pdf.

Rustika, I. M. (2016) „Efikasi Diri: Tinjauan Teori Albert Studi, Program Fakultas, Psikologi Universitas, Kedokteran‟, Buletin Psikologi, 20(1–2), pp. 18–25.

Siddiqui, Aesha F. (2018). Self-Efficacy as a Predictor of Stress in Medical Students of King Khalid University, Saudi Arabia. Makara Journal of Health Research

Suhron Muhammad. (2017). Asuhan Keperawatan Jiwa Konsep Self Esteem. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Suyanti, S., & Albadri, A. (2021). Self Efficacy dan Kecemasan Mengerjakan Skripsi pada Mahasiswa. PSYCOMEDIA: Jurnal Psikologi, 1(1), 10-20.

Utami, Sri, Anna Rufaidah, and Afiatin Nisa. (2020). Kontribusi Self-Efficacy Terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19.

Wilde, Natalie, and Anne Hsu. (2019). The Influence of General Self-Efficacy on the Interpretation of Vicarious Experience Information within Online Learning. International Journal of Educational Technology in Higher Education.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-30