Gambaran Kejadian Konstipasi Pada Pasien Pasca Bedah Ortopedi Di RSUD Arifin Achmad

Penulis

  • Novia Yuliana Anita Universitas Riau
  • Hellena Delli Universitas Riau
  • Misrawati Misrawati Universitas Riau

Kata Kunci:

Konstipasi, Ortopedi, PAC-SY, Pasca bedah

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kejadian konstipasi pada pasien pasca bedah ortopedi di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif. Sampel penelitian ini adalah pasien pasca bedah ortopedi sebanyak 64 responden diambil menggunakan teknik Purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner Patient Assessment of Constipation Symptoms Questionnaire (PAC-SYM) yang dikeluarkan oleh Frank pada tahun 1999, yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data yang diperoleh kemudian dilakukan analisa univariat. Hasil penelitian didapatkan bahwa dari 103 responden yang ada menunjukkan bahwa responden yang mengalami konstipasi pasca bedah ortopedi berjumlah 61 orang (59,2%) dengan mayoritas responden berada pada kategori dewasa akhir (46-55 tahun), berjenis kelamin laki-laki, kebiasaan BAB sebelum sakit 1-2 hari sekali dan sesudah sakit ≥ 3 hari sekali, diagnosa penyakit fraktur, menggunakan anastesi general dan lamanya tindakan pembedahan berlangsung 1-2 jam. Dari total keseluruhan responden yang ada, menunjukkan bahwa lebih banyak responden yang mengalami gejala konstipasi dibandingkan dengan responden yang tidak mengalami gejala konstipasi.

Referensi

Celik, dkk. (2015).Constipation Risk in Patients Undergoing Abdominal Surgery. Iran Red Crescent Med Journal, 17(6).

Elaine, K.L. & Jayne, L. (2018). What to Know About Constipation After Surgery. Medical News Today.

Hanim, B. (2019). Analisis Penyebab Konstipasi pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Payung Sekaki Pekanbaru. Healthcare: Jurnal Kesehatan, 8(1).

Harahap, R. & Ferlyannisa, I. (2021). Keinginan Pasien untuk Periksa ke Poliklinik Orthopaedi saat Pandemi Covid-19. Medica Arteriana, 3 (1).

Kamal, dkk. (2020). Apakah Operasi Ortopedi Elektif di Era Pandemi Meningkatkan Risiko Terkena Covid-19? Analisis Gabungan Studi Retrospektif dan Prospektif di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta, Indonesia. Singapore: Elsevier.

Kementrian Kesehatan RI .(2022). Hal yang Perlu Diketahui Tentang Konstipasi Pasca Operasi. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1242/apa-saja-yang-perlu-diketahui-tentang-konstipasi-paska-operasi. Diakses pada tanggal 9 Oktober 2022.

Kozier, B. (2011). Buku Ajar Fundamental Keperawatan Konsep, Proses dan Praktik. Jakarta: EGC.

Mulyani,N.S., Wiqayatun,K., & Suci, F. (2019). Asupan Serat dan Air sebagai Faktor Konstipasi di Kota Banda Aceh. Majalah Kesehatan Masyarakat Aceh, 2(1).

Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Potter, P.A & Perry. (2010). Fundamental Keperawatan, Ed. 7. Singapura: Elsevier.

Sari, K.P. & Joko, P. (2019). Hubungan antara Asupan Serat dan Asupan Air Putih dengan Kejadian Konstipasi pada Lansia. Jurnal Keperawatan Terapan, 5(1).

Selasa, P., Maria, & Emiliandry. (2022). Buku Ajar Manajemen Pasien Safety bagi Tenaga Kesehatan. Bandung: CV Media Sains Indonesia.

Siregar, C.T. (2021). Kebutuhan Dasar Manusia Eliminasi BAB. Medan: Skripsi Universitas Sumatera Utara.

Situmorang, E.S., Evi, K., Nurul, I., Andi, N.T. & Pius, A.R.(2022). Penggunaan Antibiotik Profilaksis dalam Bedah Orthopedi. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5 (2).

Turan, N. & Turkinaz, A.A. (2016). The Effect of Abdominal Massage on Constipation and Quality of Life. Society of Gastroenterology Nurses and Associates, 39(1).

Ula, V. Z., Wiwit, & Siti. (2020). Hubungan Pola Makan dengan Kejadian Konstipasi pada Remaja. Jurnal Ners Lentera, 8(1).

Yasmara, D., Dewi. I., & I Made, K. (2015). Konsumsi Air Putih Pagi Hari terhadap Konstipasi pada Pasien Imobilisasi. Jurnal Ners, 8(1).

Yuselie, K.M. (2018). Hubungan Imobilisasi dan Asupan Serat terhadap Kejadian Konstipasi Fungsional pada Pasien Fraktur Ektremitas Bawah di Instalasi Rawat Inap RSPAD Gatot Soebroto Tahun 2018. Jakarta: UPN Veteran Jakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-10