Mengatasi Hambatan Pemberdayaan Kelompok Rintisan Kewirausahaan Berbasis Masyarakat Dan Kearifan Lokal

Authors

  • Nur endah Retno Wuryandari Universitas Dian Nusantara
  • Didin Hikmah Perkasa Universitas Dian Nusantara
  • Ryani Dhyan Parashakti Universitas Dian Nusantara
  • Imam Yuwono Universitas Dian Nusantara
  • Dewi Kartika Univeritas Binawan

DOI:

https://doi.org/10.55784/jompaabdi.v1i3.215

Keywords:

Kelompok rintisan, Pemberdayaan masyarakat, Ekonomi keluarga, Teknik marketing sederhana, Kesejahteraan keluarga

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membantu mengatasi kendala produktivitas kelompok rintisan dalam pemberdayaan masyarakat sebagai upaya peningkatan kesejahteraan keluarga. Kelompok rintisan mengalami hambatan dalam pengelolaan usaha, keterbatasan wawasan terkait bisnis dan teknik marketing, serta inovasi. Sehingga beresiko pada usaha, modal, waktu dan tenaga. Evaluasi pelaksanaan dilakukan terhadap peluang bisnis yang ingin dijalankan untuk dapat menerapkan strategi yang lebih baik dan sesuai ide bisnisnya. Fungsi lain adalah memberikan wawasan terkait penyebab kegagalan usaha yang dijalankan, karena hal ini menyangkut kelangsungan sebuah usaha.

References

Amanat, T. (2019). Strategi Pengembangan Destinasi Wisata Berbasis Folklor (Ziarah Mitos: Lahan Baru Pariwisata Indonesia). Jurnal Pariwisata Terapan, 3(1), 65-75.

Novia, C., Saiful, S., & Utomo, D. (2021). Analisis SWOT peningkatan daya saing pada UKM keripik nangka di Kabupaten Malang. Teknologi Pangan: Media Informasi dan Komunikasi Ilmiah Teknologi Pertanian, 12(1), 61-69.

Rumiarti, C. D., Setiawan, B. R., & Wiana, I. D. M. P. (2019). Kajian Perencanaan Strategis Sistem Informasi pada Bisnis Ritel Berbasis Metodologi Ward & Peppard: Studi Kasus PT. Gramedia Asri Media. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6(3), 245-256.

Shaleh, M. Y. (2020). Peran Modal Sosial Dan Partisipasi Dalam Pemberdayaan Masyarakat.

Sugiri, B. (2019). Kiat bangun bisnis lewat perencanaan dan anggaran. Deepublish.

Sugiyanto, S., Arum, D. P., & Rahayu, A. A. (2021). Implementasi Dan Formulasi Strategi Manajemen Risiko Pada Unit Usaha Sapi Perah Dan Produksi Susu Kud Sarwa Mukti. Jurnal Soshum Insentif, 4(1), 79-88.

Supeno, E. I. (2019). Strategi Pemberdayaan Ekonomi Pesantren Dan Penguatan Daya Saing Industri Halal Dalam Upaya Pertumbuhan Ekonomi Indonesia: Edy Imam Supeno. EKSYAR: Jurnal Ekonomi Syari'ah & Bisnis Islam, 6(02), 79-94.

Downloads

Published

2022-09-01