Estetika Tumbuhan Resin sebagai Potensi Produk Kreatif Ibu-Ibu Persaudaraan Muslimah Salimah Kelurahan Rawa Makmur Kota Bengkulu

Authors

  • Evelyne Riandini Universitas Bengkulu
  • R. R. Sri Astuti Universitas Bengkulu
  • Fatimatuzzahra Fatimatuzzahra Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.57218/jompaabdi.v3i2.883

Keywords:

Awetan, Estetika, Resin, Tumbuhan

Abstract

Media resin tumbuhan berupa awetan jenis tumbuhan terutama tumbuhan pekarangan rumah Banyaknya jenis tumbuhan berbunga di sekitar perkarangan menjadi potensi dalam membuat produk kreatif dengan menggunakan awetan tumbuhan. Namun belum sepenuhnya masyarakat mengetahui cara dan teknik pembuatan produk kreatif ini. Untuk itu diperlukan suatu pelatihan untuk melatih dan memberikan pengalaman kepada masyarakat terutama ibu-ibu dalam membuat produk kreatif berbahan dasar tumbuhan disekitar perkarangan salah satunya tumbuhan hias. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di Persatuan Ibu-Ibu Muslimah Rawa Makmur pada tanggal 26 Agustus 2023. Kegiatan dihadiri ibu-ibu dengan total 25 orang. Kegiatan dilakukan dengan tiga sesi, sesi pertama pemaparan awal mengenai resin melalui media presentasi dan diskusi selama 15 menit. Sesi dua dilanjutkan yaitu praktik langsung pembuatan resin tumbuhan. Kegiatan ini dari total 25 orang dibuat 3 kelompok besar dalam pelaksanaan praktik pembuatan resin. Praktik ini bertujuan mengedukasi langsung para peserta dalam pembuatan resin dengan bahan dan alat yang telah disediakan oleh tim pengabdian. Sesi ketiga yaitu pembagian kuisoner ke peserta pengabdian seputar pengetahuan pembuatan resin tumbuhan dan kegiatan yang telah dilaksanakan.

References

Astawan, N. W. A. N. W. (2022). Nilai Estetika Pada Kerajinan Limbah Batok Kelapa Karya Produksi Batok Tanamo Di Desa Sebarus Kabupaten Lampung Barat. Jurnal Pendidikan Rosalia, 5(1).

Evalina, N., Abduh, R., & Arfis, A. (2019). Pembuatan Gantungan Kunci Dari Bahan Resin di Desa Jaharun A. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 251-256).

Khasanah, N. M. Validitas Media Bioplastik Lumut dan LKS Praktikum Berdasarkan Materi. BioEdu. Vol 4(2) : 897-901.

Marhaendrajana, Taufan.Wahyudi, Gema., dkk. 2010. Pengembangan Resin Untuk Mengatasi Kepasiran Di Reservoir Yang Tidak Terkonsolidasi (Unconsolidated Reservoir). Simposium Nasional dan Kongres XI. Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia. Bandung:ITB

Mega, T., Nurul, A., & Nevrita, N. (2020). Pengembangan Media Resin Block Tumbuhan Lumut Dan Paku Berbasis Potensi Lokal Di Gunung Bintan Untuk Siswa Kelas X Sma (Doctoral dissertation, Universitas Maritim Raja Ali Haji).

Murni, P., Muswita., Harlis., U. Yelianti & W. Dwi Kartika. 2015. Lokakarya Pembuatan Herbarium untuk Pengembangan Media Pembelajaran Biologi di MAN Cendikia Muaro Jambi. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat. 30 (2): 1-6.

Satino. 2007. Penyediaan spesimen awetan sebagai media pembelajaran Biologi. Laporan kunjungan guru – guru IPA – Biologi SMP peserta lesson study home base IV kecamatan sanden, pandak dan srandakan. Hari: Sabtu, Tanggal: 1 desember 2007.

Shailza, Jhanji, S. dan Grewal, H.S. 2018. Emerging Prospective of Floriculture Industry : Drying of Ornamental Plants and their Parts. International Journal of Current Microbiology and Applied Sciences. 7(7): 1619-1633.Gunawan, G., Suranti, N. M. Y., & Fathoroni, F. (2020). Variations of models and learning platforms for prospective teachers during the COVID-19 pandemic period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61-70.

Downloads

Published

2024-06-02