Sosialisasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Terhadap Generasi Z di Era Digital

Authors

  • Nuorma Wahyuni STMIK Borneo Internasional Balikpapan
  • Dila Seltika Canta Universitas Mulia Balikpapan
  • Adi Hermawansyah Universitas Balikpapan
  • Erlin Setyaningsih STMIK Borneo Internasional Balikpapan
  • Hasrullah Hasrullah STMIK Borneo Internasional Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.57218/jompaabdi.v2i4.926

Keywords:

Digital, Generasi Z, P5

Abstract

Pancasila adalah dasar negara Indonesia yang merupakan ideologi negara, Pancasila merupakan ideologi terbuka, dimana nilai – nilai Pancasila selalu berinteraksi dengan perkembangan zaman. Bagi generasi Z saat ini yang merupakan generasi yang selalu terhubung dengan kecanggihan teknologi terlebih di era digital, nilai nilai Pancasila mulai memudar pada diri mereka, oleh karena itu perlu ditanamkan kembali penguatan karakter generasi Pancasila. Metode yang digunakan pada pengabdian masyarakat ini  adalah sosialisasi deskripsi dan interpretasi, dimana setelah mendeskripsikan materi dilanjutkan dengan menginterpretasikan hasil materi yang ada. Tujuan pelaksanaan pengabdian sosialisasi ini adalah mendukung program Pendidikan yaitu Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan sasaran adalah para generasi Z. Dengan sosialisasi ini diharapkan para generasi Z dalam menggunakan internet di era digital ini tidak melenceng dari nilai – nilai profil Pancasila.

References

Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5170-5175

Lia Febria Lina, dkk.(2021). Maksimalisasi Media Sosial untuk Meningkatkan Pendapatan dan Pengembangan Diri Generasi Z di MAN 1 Pesawaran. Journal of Technology and Social for Community Service (JTSCS), Volume 2 Nomor 2, 2021, hlm 37-42.

Oktiningrum, W., & Zuhroh, L. (2023). Upaya Mengembangkan Karakter Profil Pelajar Pancasila Melalui Permainan Tradisional Bagi Siswa SD Negeri 1 Dilem Kepanjen.

EDUABDIMAS: Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat, 2(1), 29-36

Pebria Dheni Purnasari dan Yosua Damas Sadewo.(2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan pada Era Digital. Jurnal Basicedu, Volume 5 Nomor 5, 2021, hlm 3089-3100

Sukma Ulandari dan Desinta Dwi Rapita.(2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, Volume 8 Nomor 2, 2023, hlm 116-132.

Downloads

Published

2023-12-20