Penguatan Ketahanan Keluarga Melalui Pelatihan Ketrampilan Produk Dari Limbah Plastik Di Kelurahan Kudaile Slawi Tegal

Authors

  • Niken Wahyu Cahyaningtyas Universitas Pancasakti Tegal
  • Jaka Waskito Universitas Pancasakti Tegal
  • Gunistiyo Universitas Pancasakti Tegal

DOI:

https://doi.org/10.57218/jompaabdi.v2i4.989

Keywords:

Ketahanan keluarga, Limbah plastik, Pemberdayaan, Pengolahan

Abstract

Pemberdayaan masyarakat dengan pemberian pengetahuan, ketrampilan dan praktek pengolahan limbah plastik merupakan hal penting dalam kehidupan masyarakat. Tujuan kegiatan pelatihan ketrampilan pengolahan limbah plastik adalah masyarakat dapat berpartisipasi secara langsung mengurangi sampah plastic, dengan mengolah limbah plastik menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis tinggi dapat meningkatkan pendapatan masyarakat serta ketahanan keluarga.. Kegiatan pelatihan ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yaitu metode ceramah, penyuluhan dan praktik langsung pembuatan produk yang berasal dari limbah plastik. Peserta pelatihan terdiri dari 20 peserta yang merupakan perwakilan anggota PKK dari masing-masing RW yang ada di Kelurahan Kudaile. Hasil kegiatan bahwa peserta pelatihan mampu membuat beraneka macam bunga dari limbah plastik dan membuat bufe bunga yang cantik dari limbah plastik dan memiliki nilai ekonomis tinggi. Hasil dari rangkaian bunga dan bufe yang berasal dari limbah plastic dapat dijual dan meningkatkan pendapatan masyarakat. Implikasi pengolahan limbah plastic menambah pengetahuan dan ketrampilan bagi ibu-ibu anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dari kelurahan Kudaile Slawi Tegal.

References

Eko Sudarmanto, E. R. et. a. (2020). Konsep Dasar Pengabdian Kepada Msyarakat. Yayasan Kita Menulis.

Fransiskus Panca Juniawan, Sujono, Dwi Yuny Sylfania, H. (2023). Pembuatan Desain Kemasan Produk untuk Pemberdayaan Industri Rumah Tangga. Wikrama Parahita, 7(1).

Hidayati, S., Sesriyani, L., & Yuangga, K. D. (2020). Pelatihan PembuatanBunga Hias Dari Plastik Bekas. In Jamaica (Vol. 1).

Putri, V. P., Satiti, N. R., & Anggriani, R. (2023). Pendampingan Pengolahan Ikan Mujair Karang Taruna Desa Dadapan Kecamatan Wajak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Institut Teknologi Dan Bisnis Asia Malang, 4(1), 22–37.

Setiani, Y., Jusi, U., Puspita, N., Nurhasnah, S., & Rini, S. (2023). Counseling on Peatland Cultivation and Conservation to Pekanbaru State Forestry Vocational School Students Penyuluhan Budidaya dan Konservasi Lahan Gambut pada Siswa SMK Kehutanan Negeri Pekanbaru. ABDIMAS, 7(1), 35–41.

Utami, A. D., Devi, K., Anggria, K., Eddy, A. A. N., & Gorda, S. (2023). Peningkatan Daya Saing UMKM Kuliner di Desa Adat Panjer Pengembangan Media Pemasaran berbasis Digital. Kumawula, 6(1), 1–5.

Government Document

Keputusan Menteri Dalam Negeri dan Otonomi Daerah no 53 Tahun 2000 tentang Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga

Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi nomor 11 tahun 2022

Badan Pusat Statistik, Tegal dalam angka Tahun 2022

Undang Undang 10 10 Tahun 1992 Ketahanan Keluarga.

Downloads

Published

2023-12-31